Mamuju (ANTARA) - Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mendukung upaya percepatan sertifikasi lahan di Sulawesi Barat (Sulbar) untuk kemakmuran rakyat.

"Kementerian ATR/BPN mendukung upaya percepatan sertifikasi lahan di Sulbar, untuk mendorong peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat," kata Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakhrullah di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto telah menyatakan dukung percepatan sertifikasi lahan di Sulbar melalui forum pertemuan puncak Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2023 di Kepulauan Riau.

"Lahan bandara Tampapadang Mamuju, juga akan didukung dilakukan sertifikasi untuk kepentingan pembangunan, setelah dibebaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar dari masyarakat dan akan menjadi aset Kementerian Perhubungan, hal itu sebagai wujud nyata pentingnya program sertifikasi lahan," katanya.

Dengan program sertifikasi lahan tersebut, lanjutnya,, menjadi kesempatan bagi Pemprov Sulbar melakukan percepatan program strategis nasional dan reforma agraria yang diharapkan berdampak langsung bagi pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat.

Ia menyampaikan pemerintah membentuk Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) untuk mendukung sertifikasi lahan dan program reforma agraria yang dilaksanakan pemerintah pusat.

Ia berharap semua pihak di Sulbar mendukung Program GTRA demi kesuksesan program nasional reforma agraria.

Menurut dia, program reforma agraria merupakan komitmen Pemerintah Indonesia agar pengelolaan sumber daya alam dapat memberikan manfaat demi kemakmuran rakyat.

"Dengan adanya GTRA di Sulbar maka semua pihak baik pemerintah dan masyarakat dapat bekerja sama untuk mencapai target yang diharapkan pemerintah," katanya.

Ia berharap dukungan masyarakat atas program reforma agraria dapat memberikan hasil yang maksimal, sehingga bermanfaat bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan di Provinsi Sulbar.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024