Makassar (ANTARA Sulsel) - Lembaga Survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) melansir pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat Andi Ibrahim - M Natsir Rahmat (AIM) unggul 35,65 persen versi quick count.

"Pasangan nomor urut tiga ini berhasil mengungguli tujuh pasangan lainnya dengan presentase suara 35,65 persen, dan ini menandakan bahwa Pilkada Polman hanya berlangsung satu putaran," kata Direktur Riset JSI, Eka Kusmayadi di Makassar, Selasa.

Ia menyebutkan hasil tersebut tidak akan jauh berbeda dengan hasil rekapitulasi KPU Polman nanti karena margin error hanya satu persen.

Selain itu, Andi Ibrahim, adik kandung bupati petahana, Ali Baal Masdar ini juga disukai masyarakat.

Sementara pasangan Najamuddin Ibrahim - Erfan Kamil nomor urut empat berada di posisi kedua dengan presentase 20,82 persen disusul pasangan nomor urut enam Muh Asri Anas dan Chuduriah Sahabuddin 12,92 persen di posisi ketiga.

Kemudian di posisi keempat pasangan nomor urut lima pasangan Hikman Katohidar - Najib Abdullah Madjid dengan perolehan 12,51 persen beda tipis dengan pasangan nomor urut enam.

Sementara pasangan nomor urut dua Muhajirin M Yamin-Hasan Bado hanya mendapat 9,95 persen.

Sedangkan nomor urut delapan Munarfah Atjo - Andi Bebas Manggazali memperolehan 5,47 persen. Sedang diposisi paling akhir pasangan nomor urut tujuh Andi Fadly Patajangi-Abdul Rahman Razak 1,35 persen beda tipis dengan pasangan nomor urut satu Naharuddin-Abdi Manaf dengan 1,32 persen.

"Pasangan AIM yang diusung Partai Golkar mayoritas menang di empat zona pemilihan di Polman diatas 30 persen. Dan jelas pasangan ini menang dalam hitungan cepat kami yang dilakukan secara acak, proporsional dan profesional," paparnya.

Ia juga menyebutkan, pasangan yang diusung Partai Demokrat gagal meraih suara, namun hasil ini tidak jauh berbeda dengan hasil KPU Polman ketika saat rekapitulasi nanti.

Mengenai dengan metode perhitungan, kata dia pihaknya melakukan sampling acak dengan teknik multistage random sampling sebaran 230 TPS dari total 771 TPS yang tersebar di Polman dengan jumlah pemilih 298.683 ribu.

"Rata-rata masyarakat di Polman menyalurkan hak pilihnya, ini terbukti partisipasi pemilih mencapai 74,24 persen. Lagi pula berdasarkan hasil survei sebelum hari pencoblosan pasangan AIM sudah unggul dari segi kesukaan, popularitas dan pendukung lainnya dengan 70 persen masyarakat cukup puas dengan pasangan ini," katanya. ***1***

(T.KR-DF/B/A034/A034) 08-10-2013 19:20:57

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024