Makassar (ANTARA Sulsel) - Ratusan jamaah An Nadzir melaksanakan shalat Idul Adha 1434 H hari ini, Senin (14/10), di Kampung Mawang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, padahal pemerintah melalui kementerian agama menetapkan tanggal 15 Oktober.

"Dari perhitungan air pasang laut dan berdasarkan pengamatan bulan, maka Idul Adha jatuh pada hari ini, Senin 14 Oktober," kata pemimpin jamaah An-Nadzir Ustadz Lukman A Bakti usai memimpin shalat Id di Perkebunan Kelapa Sawit STTP, Mawang, Gowa, Sulsel.

Menurut dia, tingkat pasang surutnya air laut serta pengamatan bulan, maka disimpulkan 10 Dzulhijah 1434 Hijriah jatuh pada Senin (14/10). Untuk itu pihaknya mengistruksikan bahwa pelaksanaan shalat Id secara berjamaah segera dilaksanakan.

Selain itu, jamaah An Nadzir mempunyai keyakinan dengan hasil perhitungan tanda-tanda alam serta munculnya bulan yang telah disaksikan pada Minggu (13/10) diyakini hari ini adalah hari Idul Adha.

Pada kesempatan itu, ustadz Abah Rangka bertindak sebagai khatib dengan menyatakan bahwa umat Islam harus mengamalkan semangat keikhlasan seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS senantiasa ikhlas dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Dalam khotban tersebut, Abah menekankan kepada umat Islam arti sebuah pengorbanan dimana Nabi Ibrahim AS rela memberikan semua miliknya kepada Allah SWT secara ikhlas meskipun itu anaknya sendiri Nabi Ismail As.

Sejumlah jamaah identik dengan rambut dipirang untuk laki-lakinya dan perempuan dengan jubah panjang ditutup dengan cadar diwajahnya sempat meneteskan air mata karena terharu mendengarkan semangat Nabi Ibrahim AS berkurban yang dibawakan ustadz Abah ditempat itu.

Usai shalat Id, jamaah An Nadzir kemudian menyembelih dua ekor sapi kurban untuk dibagikan kepada yang membutuhkan termasuk kalangan dari jamaah An Nadzir yang bermukim di daerah sekitar perkebunan kepala sawit itu.

Jamaah An-Nadzir diketahui mempunyai karakter tersendiri serta ciri khas seperti mengenakan jubah hitam dan sorban hitam serta rambut pirang warna kuning dan merah. Sedangkan bagi kaum perempuan menggunakan jilbab besar bahkan adapula bercadar dengan kain berwarna hitam.

Sebelumnya, berdasarkan sidang Itsbat penetapan awal bulan Dzulhijah 1434 H, Kementerian Agama menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 6 Oktober 2013, maka Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah bertepatan pada Selasa, 15 Oktober 2013.  Ridwan Ch

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024