Mamuju (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sulawesi Barat (Bawaslu Sulbar) melaksanakan sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2024 dengan melibatkan forum warga di daerah itu.

"Sosialisasi pengawasan partisipatif dengan melibatkan Forum Warga merupakan langkah strategis untuk memastikan kesuksesan Pemilu 2024," kata anggota Bawaslu Sulbar, Hamrana Hakim di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, sosialisasi pengawasan partisipatif telah dilaksanakan pada sejumlah kabupaten di Sulbar dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan aktif masyarakat dalam pengawasan proses pemilu.

"Kami tidak dapat bekerja sendiri dalam mengawasi Pemilu 2024, mengingat keterbatasan sumber daya manusia (SDM) dan cakupan wilayah kerja yang sangat luas," katanya.

Oleh karena itu, Bawaslu Sulbar mengajak masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam pengawasan partisipatif agar terwujud pemilu yang demokratis, jujur dan berkualitas.

"Untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas, dibutuhkan partisipasi masyarakat melalui pengawasan partisipatif," katanya.

Ia menyampaikan, melibatkan forum warga dalam pengawasan partisipatif di Sulbar, merupakan salah satu instrumen untuk membuka keterlibatan masyarakat secara lebih luas dalam mengawal proses demokrasi.

Ia menegaskan bahwa peran masyarakat sangat penting dalam memperkuat tatanan demokrasi dan program forum warga ini juga merupakan langkah konkret untuk melibatkan masyarakat secara aktif dalam proses demokrasi.

"Masyarakat adalah faktor kunci dalam menjaga integritas pemilihan umum, dengan melihatkan forum warga pada pengawasan partisipatif ini, juga diharapkan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pemilu dan pemilu itu sendiri dapat berlangsung dengan integritas dan transparansi yang tinggi," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya akan berupaya memastikan keputusan rakyat terwakili dengan baik di pemilu sehingga sehingga berkomitmen untuk menjaga demokrasi yang kuat dan berintegritas dengan memaksimalkan pengawasan pemilu.

Baca juga: Bawaslu Sulbar menegah kampanye sebelum waktunya

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024