Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI Makassar menggelar latihan dan simulasi pertahanan keamanan dari serangan udara yang menggambarkan keberhasilan personel dalam melumpuhkan gempuran serangan pesawat udara ke arah pertahanan.

"Simulasi pertahanan pangkalan TNI Angkatan Laut dengan serangan udara yang dilaksanakan ini, terbilang sukses," ujar Asisten Operasi (Asops) Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Anis Latif di Makassar, Rabu.

Tampak suasana yang semula tenang dengan kegiatan yang dilaksanakan sehari-harinya berubah menjadi tegang.

Tidak berselang lama, ratusan prajurit Lantamal VI terlihat berhamburan sambil membawa senjata yang kemudian dengan sigap menempati sejumlah titik strategis.

Sementara pengeras suara pangkalan, terdengar seperti suara komando, agar para prajurit bersiaga dan sigap menghadapi serangan udara.

Ratusan prajurit TNI AL ini diperintahkan untuk mempertahankan pangkalan dari serangan musuh yang datang dari arah udara.

Beberapa detik kemudian, terlihat dua pesawat musuh terbang rendah, menyerang Lantamal VI.

Pasukan Lantamal VI yang telah siap siaga tersebut, langsung menempati pos-pos tempur untuk melakukan penyerangan terhadap pesawat musuh dengan sigap dan cepat serta mampu mengatasi serangan udara tersebut dengan menembak jatuh pesawat tempur musuh.

Selanjutnya, pesawat musuh yang berhasil di tembak tersebut kemudian jatuh di Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) hingga terbakar.

Kolonel Laut (P) Anis Latif mengatakan simulasi pertahanan Lantamal VI dengan serangan udara yang dilaksanakan ini telah berlangsung lancar dan sukses.

Skenario latihan sebagai penilaian terhadap seluruh pangkalan TNI Angkatan Laut yang merupakan bagian dari uji terampil tugas tempur P1 dan P2 yang diujikan tim penilai dari Kolat Koarmada II.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024