Makassar (ANTARA) - Dinas Perdagangan dan Perumda Pasar Makassar memantau fluktuasi harga sembako menjelang peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, 28 September 2023.

"Pada saat perayaan hari keagamaan cenderung terjadi peningkatan harga sembako di pasaran," Kadis Perdagangan kota Makassar Arlin Arista di Makassar, Selasa. 

Dia mengatakan pemantauan itu dilakukan setiap hari dan didukung oleh aplikasi digital bersama pihak Perumda Pasar Makassar.

Harga bahan pokok khususnya kebutuhan menjelang Maulid biasanya meningkat seperti telur, ayam dan beras. 

Berkaitan dengan hal tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pimpinan Perum Bulog Cabang Makassar Karmila untuk melakukan operasi pasar khusus untuk menstabilkan harga sembako di pasaran.

Khusus untuk operasi pasar jenis sembako beras, pihak Bulog Makassar menyiapkan 2.500 ton per pekan. Harga penjualan beras disesuaikan dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Jadi harga beras yang akan dipasarkan bersama mitra di 5 Pasar di Makassar yaitu Rp10.900 per kg," jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pembeli di Pasar terong Nursia mengatakan harga telur ayam ras yang biasanya disebut Rp45 ribu untuk telur ukuran sedang kini harus ditebus seharga Rp48 ribu per rak.

Kenaikan harga telur juga diikuti kenaikan harga ayam potong. Sebagai gambaran, lanjut Nursia, ayam potong yang biasanya ditebus seharga Rp48 ribu - Rp55 ribu berat 1,5 kg, kini harus ditebus Rp65 ribu per kg.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024