Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal VI) Makassar ikut meramaikan pameran alat utama sistem senjata(Alutsista) dalam rangka menyambut HUT ke-78 TNI 5 Oktober 2023 di Pantai Losari Makassar.

Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Ivan Gatot Prijanto di Makassar, Ahad, mengatakan, pameran Alutsista TNI Tahun 2023 di Pantai Losari itu akan berlangsung hingga 3 Oktober 2023.

"Mulai 1-3 Oktober 2023, pameran alutsista digelar di Pantai Losari dan ini untuk mengenalkan TNI kepada masyarakat khususnya para generasi muda," ujarnya.

Laksma Ivan mengatakan pameran alutsista itu diikuti oleh semua matra di TNI, yakni Angkatan Laut, Darat dan Udara.

Adapun alutsista yang dipamerkan oleh Lantamal VI Makassar diantaranya Patkamla Pulau Langkai yang sandar di dermaga Anjungan Pantai Losari dan jenis persenjataan laras panjang dan pendek, senapan runduk (sniper), torpedo, serta Seragam TNI AL dan perlengkapan selam, miniatur Kapal Pinisi dan Satdik di jajaran Yayasan Hang Tuah Cabang Makassar.

Danlantamal VI Makassar menyampaikan tujuan dari pameran Alutsista TNI, khususnya TNI AL yaitu untuk memperkenalkan dan mengedukasi persenjataan TNI AL kepada masyarakat umum.

Pameran itu juga, kata dia, untuk mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat sekaligus menumbuhkembangkan rasa bangga dan cinta kepada TNI dengan berbagai peralatan yang dimiliki.

"Kegiatan ini bukan hanya sekedar pameran saja, namun memiliki unsur edukasinya. Di momen HUT Ke-78 TNI ini diharapkan bisa dimanfaatkan warga untuk mengenal lebih dekat alat tempur di dunia kemiliteran Indonesia khususnya TNI AL serta menambah wawasan secara langsung tentang dunia kemaritiman," ungkap Danlantamal VI Makassar.

Antusias masyarakat umum pun terlihat saat datang ke stand pameran Lantamal VI Makassar. Kedatangan warga pun di sambut ramah oleh para personel TNI AL yang siaga menjaga stan pameran sembari menjelaskan tentang alutsista yang di pamerkan.  

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024