Makassar (ANTARA) - Puluhan atlet panjat tebing Sulawesi Selatan menjalani pemusatan latihan (TC) jelang menghadapi Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) di Semarang, Jawa Tengah, 23-31 Oktober 2023.

Sekretaris Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulawesi Selatan Ahmad Lubis di Makassar, Selasa, mengatakan pelaksanaan pelatihan terpadu yang dipusatkan di Makassar itu diharapkan semakin meningkatkan kemampuan atlet sekaligus menjaga peluang lolos ke PON 2024.

"Puluhan atlet dari berbagai daerah kini terus fokus meningkatkan kemampuannya agar bisa bersaing di Pra PON," ujar dia.

Ia menjelaskan, pelaksanaan TC ini sekaligus sebagai ajang seleksi untuk menentukan tim utama yang akan diboyong menghadapi Pra-PON 2023.

Pengprov FPTI Sulsel, kata dia, hanya berencana memboyong 20 atlet di Pra-PON sehingga masih ada beberapa atlet yang akan tereliminasi jelang keberangkatan.

"Sudah TC tetapi atlet belum kita definitifkan, masih tim bayangan. Kita rencananya umumkan tim utama pada 15 Oktober," jelasnya.

Puluhan atlet yang tengah menjalani TC ini diambil dari hasil pantauan tim Bimpres FPTI Sulsel dari berbagai kejuaraan, termasuk di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel 2022 di Kabupaten Sinjai-Bulukumba. .

Proses penyaringan memang sengaja dilakukan dalam jangka panjang sebagai upaya menjaga persaingan dan motivasi setiap atlet untuk menunjukkan kemampuannya sebelum penentuan tim Pra-PON 2023.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024