Makassar (ANTARA) - Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso menyampaikan momentum memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-78 tahun adalah terus meningkatkan kualitas personil dalam pengabdian kepada masyarakat, bela negara dan bangsa.

"Ini menunjukkan bahwa TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara bersatu. Makanya, hari ini di Sulsel kita gelar maksimal, seluruh personel TNI, bahkan melibatkan kepolisian pemerintah daerah, mahasiswa serta pelajar (dalam parade)," ujar Pangdam disela menghadiri Upacara, Parade dan Defile di Lapangan Karebosi Makassar, Kamis.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemberian total 3.300 sembako, untuk di Makassar sebanyak 1.900 sembako, dan sisanya disebar di daerah Sulsel hingga Sulawesi Barat kepada masyarakat yang berhak menerima. Selanjutnya, pemberian penghargaan kepada prajurit, ASN hingga personil yang berprestasi dalam tugas pengabdian kepada negara selama ini

"Ada juga penyerahan bantuan sepeda motor ambulans dari Pemprov Sulsel kepada kita untuk masyarakat di wilayah terpencil. Saya berterima kasih kepada Pemprov Sulsel, Kapolda, Pemda atas partisipasinya serta seluruh masyarakat di Sulsel. Mohon doa restunya, semoga ke depan TNI lebih optimal dalam melaksanakan tugas," paparnya.

Mengenai dengan harga pangan yang terus merangkak naik, Mayjen Totok menyatakan pihaknya telah membangun kerja sama dengan Pemprov Sulsel, kepolisian dan pihak lainnya untuk pelaksanaan ketahanan pangan.

"Jadi, TNI sudah (hitung) beberapa lahan kita dan lahan masyarakat yang tidur, kita tanami baik jagung, padi dan sebagainya. Itu untuk membantu mengurangi dampak inflasi dan ketahanan pangan saat ini. Himbauan saya, saat ini kita kurangi konsumsi beras, mungkin jagung dan sebagainya," katanya menjelaskan.

Selain ketahanan pangan, persiapan pengamanan pelaksanaan Pemilu serentak 2024, juga menjadi perhatian Kodam XIV/Hasanuddin yang akan berperan aktif mengawal proses Pemilu hingga selesai.

Hal senada disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bahwa saat ini diakui TNI kuat dan hebat dalam mengawal keamanan dan ketahanan nasional dan khususnya di Sulsel.

"Insya Allah kita dikawal oleh TNI Darat, Laut, Udara yang bekerja menegakkan keamanan bersama TNI dan Polri di wilayah ini. Kita bangga sebagai warga negara, kita memiliki TNI yang hebat, TNI kita yang kuat," paparnya di Lapangan Karebosi Makassar.

Menurut Mantan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri ini, TNI adalah pengawal demokrasi. TNI selalu menunggal bersama rakyat. Dan terbukti hari ini disaksikan seluruh elemen masyarakat bagaimana rangkaian kegiatan HUT Ke-78 TNI.

"Hari ini kita bangga sekali menyaksikan hari ulang tahun yang disiapkan secara baik oleh Panglima Kodam Hasanuddin, dan seluruh jajaran termasuk rekan-rekan dari Angkatan Darat dan Udara dengan Polri serta satuan intelijen dan lainnya," tutur Bahtiar.

Ia pun memberi apresiasi atas rangkaian kegiatan kesiapsiagaan TNI Polri dan aparat pendukung lainnya serta masyarakat seperti simulasi pengamanan Pemilu serta gladi pemutaran surat suara yang disajikan usai upacara.

Ia yakin Pemilu maupun Pilkada serentak 2024 akan berjalan aman dan lancar yang dinilai sudah sangat siap pengamanannya.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024