Makassar (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Lapangan Soekarno Hatta Malili, Senin, sebagai upaya menjaga ketersediaan pangan di daerah tersebut.

Bupati Luwu Timur Budiman pada kesempatan tersebut, tidak hanya memantau jalannya kegiatan tetapi juga turut berbelanja produk-produk UMKM yang tersedia di stan pangan murah ini.

“Alhamdulillah ini bagian dari upaya pemerintah daerah untuk melakukan sesuatu terkait dengan menjaga kesediaan pangan di masyarakat, ini berhubungan juga dengan usaha kita menekan inflasi,” kata dia.

Ia mengatakan tujuan kegiatan ini untuk menstabilkan pasokan, harga pangan, dan menjaga daya beli masyarakat.

Dalam kegiatan itu, katanya, masyarakat dapat berbelanja kebutuhan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau, seperti beras, minyak goreng, gula pasir, dan telur.

Ia menilai antusiasme masyarakat sebagai luar biasa, sedangkan harga barang yang dijual pada kegiatan ini terjangkau.

“Tadi kita lihat ada petani bawang yang memberikan prospek yang bagus, dan ini kita akan dorong semua komuniti di Luwu Timur bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di Kabupaten Luwu Timur. Saya pikir apresiasilah kegiatan ini,” ucapnya.

Terkait dengan perhatian Pemkab Luwu Timur terhadap produk daerah tersebut, Bupati Budiman menjelaskan, akan ada program bantuan, seperti petani bawang akan dibuatkan kelompok untuk mendekatkan dengan desanya.

"Karena dia di atas di Ledu-Ledu, kemudian produk UKM kita masuk di dinas lain," ujarnya.

Ia menjelaskan pentingnya instansi terkait bekerja, kolaborasi, dan simultan menghasilkan produk yang baik bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Luwu Timur.

“Intinya hari ini saya bersama wakil bupati dan Ketua TP PKK hadir di sini untuk memastikan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses,” katanya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024