Makassar (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sultanbatara (Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara) siap mendukung program prioritas Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin dalam memajukan provinsi itu.

Kepala LLDIKTI Wilayah XI Sultanbatara A Lukman Sambalonge mengatakan perguruan tinggi harus bersama pemerintah daerah (pemda) sehingga apa yang dibutuhkan oleh pemerintah dan apa yang dibutuhkan oleh industri bisa dipersiapkan perguruan tinggi.

"Kami, masyarakat perguruan tinggi di Sulsel tentunya menyambut dan mendukung dengan baik kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Bapak Gubernur," kata Lukman saat bersilaturahmi dengan Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, di Makassar, Rabu.

Dalam pertemuan tersebut Lukman juga memaparkan terkait kebijakan Kampus Merdeka Belajar, bahwa memang mahasiswa harus diperkenalkan dengan industri.

"Alhamdulillah luar biasa kebijakan dan program yang akan dilakukan oleh Pak Gubernur dalam waktu satu tahun mendatang dan itu erat kaitannya dengan kami di perguruan tinggi," ujarnya.

Lukman menilai apa yang dilakukan Pj Gubernur dapat meningkatkan derajat masyarakatnya. Perguruan tinggi juga dapat membuat big data yang sangat bagus. Data riil tersebut, bisa menjadi sumber data dalam membuat kebijakan pemerintah.

"Saya kira programnya sangat riil. Pastinya kami akan mendukung, terutama pembinaan dan pengembangan ekonomi masyarakat. Tadi itu sangat sederhana yang disampaikan dan dipaparkan. Misalnya pisang, tadi disampaikan bagaimana bisa meningkatkan ekonomi dan pisang ini sudah dikenal di mana-mana," ujarnya.

"Sehingga sinergitas pemda di perguruan tinggi kami sangat siap sekali. Dan semua bidang yang disampaikan beliau, saya kira sumber daya kami siap untuk itu," jelasnya.

Sementara Pj Gubernur Bahtiar memaparkan program prioritas dan mendukung LLDIKTI untuk membangun negeri ini lebih maju sesuai yang diharapkan.

Ia berharap kampus swasta yang ada di bawah naungan LLDIKTI bisa bersinergi dengan pemerintah untuk memajukan Sulsel, termasuk program prioritas yang akan dilakukan satu tahun ke depan.

Adapun delapan program prioritas Pj Gubernur Bahtiar yaitu sukseskan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, pengendalian Inflasi, penanganan stunting dan gizi buruk, kemudian pengentasan kemiskinan Ekstrem, ketahanan dan kedaulatan Pangan, serta kemudahan pelayanan publik dan investasi, kemudian sinergi program prioritas nasional dan daerah, serta stabilitas sosial, politik, keamanan, ketentraman, dan ketertiban umum.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024