Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyatakan kesiapan dan komitmennya untuk berkolanorasi bersama Komandan Pangkalan Udara (Dananud) Sultan Hasanuddin yang baru Marsma TNI AU Bonang Bayuaji Gautama.

"Kami memberi apresiasi kepada Danlanud sebelumnya, Marsekal Pertama (Marsma) TNI AU Benny Arfan dan selamat datang kepada Marsma TNI Bonang Bayuaji sebagai Danlanud baru Sultan Hasanuddin. Kami siap berkolaborasi," kata Ramdhan di sela acara Sertijab Danlanud di  Apron Base Lanud Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Senin.

Wali kota dua periode itu memberikan cinderamata kepada Benny sebagai kenang-kenangan yang kini menyandang jabatan baru sebagai Kepala Pusat Kerja Sama Internasional TNI.

Marsa Benny pada kesempatan itu menyampaikan banyak pengalaman berharga dan berkesan selama bertugas empat bulan 20 hari. Salah satu hal berkesan baginya adalah saat bekerja sama dan berkolaborasi dengan Pemkot Makassar di bawah kepemimpinan Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto.

Ia mengatakan pria yang akrab disapa Danny Pomanto ini merupakan wali kota yang kreatif, apalagi dalam menjalankan setiap kegiatan, baik skala lokal, nasional maupun internasional.

"Terima kepada Wali Kota Makassar. Pak wali yang selalu kreatif, inovatif, memajukan kota. Saya berharap komunikasi dan silaturahim dengan berbagai pihak terus berjalan baik," katanya.

Danlanud Sultan Hasanuddin yang baru, Marsma TNI AU Bonang Bayuaji Gautama sebelumnya menjabat Wakil Asisten Operasi Panglima TNI. Pergantian pejabat itu berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1127/X/2023 tanggal 2 Oktober 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Penunjukan Marsma Bonang Bayuaji Gautama merupakan salah satu upaya TNI dalam rangka pembinaan karier dan pemenuhan jabatan sesuai kebutuhan organisasi untuk mendukung tugas pokok TNI Angkatan Udara dalam menjaga kedaulatan wilayah udara nasional.

Perwira Tinggi TNI AU kelahiran Magelang, Jawa Tengah ini adalah lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1995 dan tercatat pernah bertugas untuk pasukan perdamaian sebagai Logistic Operation Staff JLOG UNIFIL Lebanon pada tahun 2008.

Selanjutnya, Komandan Skadron Pendidikan 101 Wing Pendidikan Terbang Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta, pada tahun 2011. Pada 2016, kembali dipercaya sebagai Komandan Wing Pendidikan Terbang Lanud Adi Sutjipto. Tahun 2019 dilantik sebagai Komandan Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat atas kepiawaian sebagai penerbang mengawali kariernya di Skadron Udara 5.

Peraih Bintang Yudha Dharma Nararya dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya ini pernah menjabat sebagai Panglima Kosekhanudnas IV saat ini bernama Kosek III, Biak, Papua. Menjadi Komandan Detasemen Markas Mabes TNI di pertengahan 2022, dan berlanjut saat ditunjuk sebagai Komandan Korsis Sesko TNI.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024