Makassar (ANTARA) - Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Selatan, Shodiqin mengatakan, para Duta Generasi Berencana (Genre) Sulawesi Selatan menjadi garda terdepan dalam program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

"Selain menjadi garda terdepan Program Bangga Kencana, juga membantu percepatan penurunan Stunting di bagian hulu," kata Shodiqin di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, Duta Genre yang terpilih diharapkan mampu mengemban amanah sesuai ikrar yang telah diucapkan dan menjadi garda terdepan dalam program Bangga Kencana, program Generasi Berencana dan program Pencegahan Stunting dari hulu dengan menjadi "role model" dan membawa influence bagi teman sebayanya.

Menurut dia, kegiatan kompetisi Genre nasional yang juga dikenal sebagai Adujaknas 2023 yang digelar tiap tahun memberikan ruang dan kesempatan bagi seluruh remaja Indonesia untuk menampilkan karya yang sangat kreatif dan inovatif.

Pada malam puncak Adujaknas 2023, Sulsel meraih 3 penghargaan bergengsi. Perhelatan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja Genre Tingkat Nasional (Adujaknas) tahun 2023 di Semarang.

Kontingen Sulsel kembali mengukir prestasi dengan memenangkan beberapa kategori, yaitu Juara III Cultural Immersion yang merupakan penampilan budaya dari masing-masing provinsi dan meraih Terbaik Genre Exhibition yaitu pameran program Genre yang diikuti seluruh provinsi.

Amita Nurul Janna, delegasi Duta Genre Putri Sulsel meraih Juara 2 Duta Genre Putri Indonesia Tahun 2023, selain juga delegasi putra yaitu Arsal Andika berhasil menembus 13 besar.

Ini merupakan sejarah dan prestasi terbesar Sulawesi Selatan pada momentum Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Nasional. Dalam Adujaknas 2023 kali ini Kontingen Sulsel total berhasil memboyong tujuh penghargaan dari berbagai kategori.

Amita Nurul Janna merupakan Duta Genre Putri Sulsel Tahun 2022. Dia mengabdikan diri dalam kampanye Generasi Berencana di Sulawesi Selatan selama satu tahun. Hal ini pula yang melatarbelakangi ia terpilih menjadi delegasi Duta Genre Putri Sulsel di Tingkat Nasional tahun 2023.

Usahanya sekarang menyabet Juara 2 Duta Genre Putri Indonesia 2023 tidak lepas dari sederet prestasi yang diraihnya, mulai dari juara 2 Kompetisi Esai Sulsel dan Juara 1 Pidato Konstitusi Sulsel di tahun 2019, Duta Genre Kabupaten Barru 2020, lolos Pendanaan Aksi Sosial British Council 2021, Juara 3 Jambore Ajang Kreativitas Sulsel Tahun 2021, Pertukaran Pelajar Kampus Merdeka 2021, Lolos Pendanaan PKM UNHAS 2021 dan Duta Genre Putri Sulawesi Selatan 2022.

"Saya berharap Duta Genre Sulsel selanjutnya dapat menjadikan momentum ini sebagai motivasi bahwa kita bisa meraih juara nasional," ungkap Amita.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024