Makassar (ANTARA) - Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) yang merupakan bagian dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menggunakan Ideabox dalam penerapan budaya AKHLAK Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Kami terus berupaya untuk mendorong inovasi dari para pegawai sebagai salah satu budaya kerja yang perlu dibentuk untuk menginternalisasikan core values AKHLAK BUMN," kata Direktur Utama SPJM Prasetyadi di Makassar, Selasa.

Ideabox merupakan single platform yang digunakan sebagai media sosial inovasi untuk menyampaikan ide dan berkolaborasi mengembangkannya.

Preasetyadi mengatakan inovasi merupakan implementasi dari nilai adaptif, satu dari enam nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). 

Hal ini merupakan salah satu target Key Performance Indicator (KPI) atau alat ukur yang menggambarkan efektivitas suatu perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis dari Korporat Pelindo dalam bidang pengembangan talenta yang diimplementasikan melalui Ideabox SPJM Group yang berlangsung dari Agustus dan telah memasuki masa final pada 31 Oktober lalu.

Ideabox  telah menjadi salah satu program budaya korporasi SPJM yang merupakan program kompetisi Inovasi sebagai turunan dari program Pelindo Holding “Pelindo Innovation Development Award 2023 (Pelindo Idea 2023).

Pada tahapan sebelumnya, Ideabox SPJM Group telah mengumpulkan 44 ide yang kemudian diseleksi menjadi 10 besar. Selanjutnya dari 10 besar dipilih lagi hingga tersisa 3 juara yang mewakili SPJM Group untuk diadu bersama subholding lainnya di Pelindo Holding.

Prasetyadi mengatakan gagasan-gagasan atau ide yang baik umumnya banyak lahir dari pegawai lapangan karena pengalaman di lapangan memang sangat beragam.

Ia berharap agar gagasan atau ide tersebut dapat dikembangkan ke tataran manajemen di atasnya hingga ke tingkat Direksi. 

Hal ini bertujuan agar dapat dipilah gagasan yang dapat menjadi inovasi serta dapat diimplementasikan di Subholding maupun di area kerja lainnya di lingkup Pelindo.
  Dirut SPJM Prasetyadi saat pembukaan IDEA BOX untuk penerapan AKHLAK BUMN dijajaran anak dan cucu perusahaan Pelindo. Antara/ HO-SPJM

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024