Makassar (ANTARA) - Sebanyak 14 perusahaan membuka lowongan kerja pada ajang Unhas Career Expo yang digelar Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir, Bidang Akademik, dan Kemahasiswaan, Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, pada 15-16 November 2023.

Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan antara lain Bank CIMB Niaga, FIF Group, Mr DIY, Micro Madani Institute, Indomobile, Telkomsel, Sinarmas, IMIP, Saba Indonesia, Multi Guna Artha, Siloam dan Bank BJB.

Sementara untuk ajang scholarship exhibition hadir Australia Awards Scholarship, Mata Garuda LPDP, Aminef, Kedutaan Malaysia, dan Jasso.

Kasubdit Penyiapan Karir Unhas Sahriyanti Saad yang juga ketua panitia ajang tersebut di Makassar, Kamis, mengatakan kegiatan itu menghadirkan career exhibition, scholarship exhibition, walk in interview, seminar karier, pameran produk wirausaha mahasiswa, dan bazar.

“Unhas Career Expo menjadi agenda dua kali setahun dari Career Center Unhas. Kami berharap kegiatan ini tak hanya menjembatani mahasiswa dan alumni Unhas untuk mengembangkan karir, tapi semoga bisa memberikan manfaat lebih besar ke khalayak umum,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof Ruslin dalam sambutannya mengatakan pihaknya berusaha mengembangkan kompetensi lulusan Unhas agar dapat bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif.

“Mulai tahun ajaran 2023/2024 kami menerapkan kurikulum K23 dengan tujuan bisa membekali mahasiswa dengan kompetensi di luar bidang studi. Ada nMata Kuliah Penguatan Kompetensi (MKPK) sebanyak 20 SKS yang dikhususkan untuk penguatan kompetensi di luar bidang studi,” ujarnya.

Selain itu Prof Ruslin menyinggung soal perbedaan sistem rekrutmen zaman sekarang. Ia menerangkan setidaknya lulusan harus memiliki softskill karena penyedia lapangan kerja tak lagi menjadikan IPK dan transkrip sebagai pertimbangan utama.

Selain itu pengunjung juga antusias menyaksikan presentasi dari perusahaan dan juga penyedia beasiswa.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024