Makassar (ANTARA) - Direktur ATI Makassar Muhammad Basri mengatakan sebanyak 269 orang lulusan Politeknik Akademi Teknik Industri (ATI) Makassar yang belum lama diwisuda sudah terserap di 11 industri ternama di Sulsel.

"Alhamdulillah, ada 11 perusahaan mitra ATI Makassar yang menerima SDM kita karena dinilai cakap dan sudah pernah magang di perusahaan itu," kata Direktur ATI Makassar Muhammad Basri di Makassar, Jumat.

Kesebelas perusahaan itu adalah T Indonesia Morowali Industrial Park, PT. Merdeka Tsingshan Indonesia, PT. Indonesia Guang Ching Nikel And Stainless Steel, PT. Suryamas Megah Steel, PT Biota Laut Ganggang, PT. Oracle Nikel Industry, PT. Mayora Indah Tbk, PT. Karunia Indah Segar PT. Anindya Wiraputra Konsult, PT Karunia Indah Abadi (Wingsfood) dan PT. Ocean Sky Metal Industry.

Basri mengatakan selain terserap di aneka industri, lulusan ATI Makassar sudah ada menjadi wirausahawan.

Adapun serapan alumni tahun 2022 untuk program studi D3 mencapai 80,88 persen dan untuk program vokasi industri setara D1 mencapai 100 persen. Sehingga, serapan alumni tahun 2022 telah mencapai 92,97 persen.

Apalagi pada Juni 2023 lalu, CDC Politeknik ATI Makassar telah melaksanakan Pekan Karier yang diikuti delapan perusahaan industri. Sejumlah hasil tugas akhir mahasiswa juga telah dihibahkan ke IKM  untuk meningkatkan daya saing industri kecil menengah.

"Hal ini karena untuk menunjang proses pendidikan, Politeknik ATI Makassar telah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi yang menjalankan program sertifikasi bagi mahasiswa, sehingga luarannya lebih mudah terserap di bursa kerja," kata Basri.
  Direktur ATI Makassar Muhammad Basri memberikan ijazah pada salah satu alumni terbaik pada acara wisuda di Makassar. Antara/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024