Makassar (ANTARA Sulsel) - Sepuluh calon komisioner Komisi Pemilihan Umum Makassar menjalani ujian kelayakan dan kepatutan sebagai tahapan menentukan kategori lima besar, Senin.

Pengujian dilakukan lima anggota komisioner KPU Sulsel, dan lima nama peserta yang masuk lima besar dijadwalkan diumumkan dalam rapat pleno pada 23 Desember 2013.

"Tes ini dilaksanakan untuk mengetahui pengetahuan dan ilmu para calon angota KPU Makassar menghadapi Pemilu 2014," kata anggota komisioner KPU Sulsel Faisal Amir di sela-sela tes tersebut.

Ia menyebutkan, bahan ujian antara lain mengenai regulasi berupa undang-undang dan berbagai peraturan pemilu, independensi dan integritas penyelenggara pemilu.

"Selain itu tes ini tertutup seperti layaknya ujian meja dan tesnya satu persatu," paparnya.

Rencananya, rapat pleno penentuan lima besar akan dilakukan pada 23 Desember 2013 bersamaan dengan seleksi KPU kabupaten kota lainnya yang sedang berjalan sampai saat ini. "Rencananya tanggal 23 Desember dan pelantikan 25 Desember 2013," ucapnya.

Armin salah satu peserta di sela-sela tes tersebut mengatakan, sangat siap dan berharap tepilih kembali menjadi komisioner KPU Makassar. Dirinya beralasan telah menguasai sejumah aturan dan pekerjaan KPU sebagai penyelenggara.

"Mudah-mudah diloloskan, kerena pertanyaannya seputar penyelenggara saya jawab dan pernah saya kerjakan," tutur Komisioner KPU Makassar ini yang memasuki masa akhir kerja pada 25 Desember 2013.

Ke-10 nama calon anggota komisioner KPU Makassar yang menjalani tes tersebut adalah Abdullah Manshur, Andi Shaifuddin, Armin (incumben), M Supriyadi Syarifuddin, Makkah, Much Lutfhie Noegraha, Munir Madjid, Rahma Saiyed (anggota KPID), Syarief Amir (jurnalis) danWahid Hasyim Lukman. Adi Lazuardi

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024