Makassar (ANTARA) - PT PLN UID Sulselrabar kembali memperpanjang Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dalam menangani kekeringan sebagai dampak El Nino setelah sebelumnya dilakukan selama sebulan, mulai 8 Oktober hingga 8 November 2023.

TMC ini dilakukan secara manual di area Masamba, Sulawesi Barat untuk memperkuat daya pasokan PLTA Bakaru di Enrekang. TMC ini ditentukan dengan potensi awan.

"Perpanjangan TMC ini kita lakukan karena kita masih siaga. Akhir musim hujan akan dilakukan TMC lagi untuk meningkatkan daya mampu pasok," kata Manager PLN NP UPDK Bakaru Fatahudin Yogi Amubowo di Makassar, Senin.

PLTA Bakaru dengan daya mampu 126 MW terdampak el nino yang mengakibatkan daya mampu hanya mencapai 42 MW atau menurun sekitar 30 persen. Sementara setelah TMC dilakukan, terjadi peningkatan produksi energi listrik sebanyak 21 MW menjadi 63 MW.

"21 MW ini setara dengan 21 ribu rumah yang kembali bisa disuplai," kata Fatahuddin.

Kata Fatahuddin, teknologi ini akan semakin dikembangkan dan diperluas, khususnya dalam memitigasi siklus empat tahunan El Nino. Termasuk pada akhir musim hujan sehingga bisa menghasilkan lebih banyak energi hijau dari PLTA untuk Indonesia.

Seperti diketahui, sistem Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan terhubung mulai dari Sulawesi Selatan daratan, Sulawesi Barat, Palu, Poso (Sulawesi Tengah) dan Sulawesi Tenggara daratan tersebut sangat bergantung terhadap debit air PLTA.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin menyebut upaya TMC tersebut telah membuahkan hasil di mana hujan sudah turun di beberapa lokasi PLTA dan harapannya hujan akan turun secara kontinyu sehingga debit air dapat terus bertambah dan suplai listrik bisa kembali normal.

Andy mencatat, Daya Mampu Pasok (DMP) kondisi normal sistem kelistrikan Sulbagsel mencapai 2.300 megawatt (MW) dengan kontribusi PLTA sebesar 850 MW dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) sebesar 140 MW atau secara total sangat besar sekitar 990 MW (42 persen).

"Beban Puncak malam hari berada di kisaran 1.800 MW, atau tersedia Reserve Margin 21,7 persen dan ini sebenarnya cukup ideal sebelum terganggu akibat fenomena El Nino," kata dia.

Musim kering yang berkepanjangan tersebut telah berdampak terhadap berkurangnya debit air sehingga menyebabkan kemampuan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) turun sekitar 75 persen dari 850 Megawatt (MW) menjadi 200 MW.

Andy menambahkan terjadinya El Nino ekstrem yg berkepanjangan juga menyebabkan penurunan kapasitas PLTB (Variasi Musim). "Selain itu relokasi pembangkit dari beberapa wilayah tersebar di Indonesia juga terus dilakukan. Pembangkit tersebut akan memasok tambahan daya sekitar 80 Megawatt (MW) dan diharapkan dapat segera membantu sistem kelistrikan di Sulbagsel," kata Andy.

"Kami tetap dan akan optimal dengan menerjunkan ratusan teknisi secara bergantian untuk tetap bekerja selama 24 jam agar upaya pemulihan pasokan listrik terus berlangsung," urai Andy.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PLN UID Sulselrabar perpanjang TMC tangani dampak El Nino

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024