Makassar (ANTARA) - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sulawesi Selatan (BKKBN Sulsel) memperkuat layanan KB di wilayah pesisir untuk mencegah stunting.

"Salah satu upaya itu dengan menggandeng Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI Makassar menggelar pelayanan KB dengan menyasar warga pesisir," kata Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Shodiqin di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, baru-baru ini telah digelar layanan KB dan pemberian sembako pada warga pesisir di Kota Makassar.

Sementara sebelumnya, yakni pada Mei 2023, lanjut dia, BKKBN Sulsel bersama Danlantamal VI Makassar Berigjen TNI (Mar) Amir Kasman melaksanakan Pencanangan Kampung Bahari Bontolebang serentak se-Indonesia di Kabupaten Takalar, Sulsel.

Menurut dia, pentingnya penguatan layanan KB di wilayah pesisir ini karena sebagian wilayah masih terbatas menjangkau layanan kesehatan.

Karena itu, pihak BKKBN berkolaborasi dengan jajaran Lantamal VI untuk melakukan penjangkauan pada warga pesisir, sehingga semuanya dapat terlayani layanan KB.
Termasuk melakukan pengadaan pemeriksaan dan pelayanan KB mobile dengan menggunakan fasilitas kapal.

Kota Makassar sendiri memiliki 11 pulau yang tersebar di kawasan Perairan Makassar. Karena itu, Amir mengingatkan seluruh jajarannya agar dapat membantu pemerintah dan bersinergi dengan BKKBN Sulsel dalam upaya percepatan penurunan stunting yang menjadi program kerja nasional.

Menurut Shodiqin, pelayanan KB ini merupakan salah satu bentuk layanan yang dilakukan BKKBN Sulsel untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat khususnya yang berada di daerah pesisir.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024