Mamuju (ANTARA) - Target investasi Provinsi Sulawesi Barat pada 2023 sebesar Rp3,36 triliun, dan saat ini sudah terealisasi Rp1,8 triliun atau sebesar 65 persen, kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulbar Habibi Azis.

"Kami optimistis bisa mencapai target investasi tahun ini," kata Habibi Azis, pada evaluasi rencana umum penanaman modal dan penyusunan Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) sampai dengan 2028, di Mamuju, Rabu.

Evaluasi penyusunan rencana umum penanaman modal itu dilaksanakan kata Habibi Azis, agar Sulbar ramah investasi serta bagaimana persebaran penanaman modal di seluruh kabupaten di Sulbar.

"Tujuannya, sebagaimana arahan penjabat gubernur agar Sulbar ini ramah investasi sehingga perlu dilakukan perbaikan iklim penanaman modal semua investor," terang Habibi Azis.

Ia juga menyampaikan bahwa penyusunan RUPM tersebut untuk melakukan penyebaran penanaman modal ke seluruh kabupaten, begitupun dengan sektor-sektor pertambangan serta sektor industri makanan, termasuk tetap mendorong usaha mikro dan hirilisasi.

"Kemudian bagaimana kita mendorong agar berwawasan lingkungan. Tentunya kita menjaga agar kawasan lingkungan tetap hijau serta bagaimana memberikan kemudahan dan insentif kepada semua investor," jelas Habibi Azis.

Sementara, Asisten II Bidang Pemerintahan dan Kesra Setprov Sulbar Herdin Ismail menyampaikan bahwa pelaksanaan rencana umum penanaman modal sejak 2017 hingga saat ini terus mengalami peningkatan.

"Sejak awal pelaksanaan rencana umum penanaman modal tahun 2017 sampai sekarang tentunya telah mengalami kemajuan. Hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi dan realisasi investasi yang tumbuh positif," kata Herdin Ismail.

Evaluasi rencana umum penanaman modal menurut Herdin Ismail langkah penting dalam mengukur kinerja dan efektivitas pelaksanaan investasi di Sulbar.

"Beberapa aspek yang perlu menjadi perhatian bersama mulai dari target investasi, pertumbuhan ekonomi dan juga pembukaan lapangan pekerjaan," ujar Herdin Ismail.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024