Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) membentuk tim Desk Pilkada dan Pemilu 2024 untuk menyukseskan pesta demokrasi Pilkada dan Pemilu agar berlangsung sukses aman dan damai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulbar, Muhammad Idris Dp, di Mamuju, Selasa, mengatakan, pemerintah Sulbar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulbar telah melaksanakan rapat teknis pembentukan tim desk Pemilu 2024 maupun Pilkada Sulbar yang digelar pada September tahun 2024.

Ia mengatakan, pemerintah membentuk tim desk Pilkada dan Pemilu tersebut agar pesta demokrasi tersebut berjalan aman lancar dan damai sehingga dapat melahirkan pemimpin yang akan membawa kemajuan untuk bangsa.

"Pemilu harus menjadi pemersatu bagi bangsa Indonesia, dan pandangan berbeda dalam politik jangan sampai merusak keutuhan bangsa, namun perbedaan politik tersebut justru harus mampu terus mempersatukan bangsa Indonesia," katanya.

Ia menyampaikan desk Pilkada dan Pemilu 2024 yang dibentuk tersebut akan bertugas mengkoordinasikan setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak di Sulbar ketika tahapannya digelar pada 2024.

Selain itu, juga akan bertugas pada Pilkada serentak pada enam Kabupaten di Sulbar yang digelar serentak pada 2024 mendatang, dan pelaksanaan Pemilu 2024.

Ia menyampaikan, tim desk Pilkada Sulbar juga akan melakukan intervensi dan antisipasi permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada dan Pemilu segera memberikan saran dalam penyelesaian permasalahan Pilkada dan Pemilu.

"Tim desk Pilkada Sulbar juga akan melaporkan informasi mengenai permasalahan dan perkembangan persiapan serta pelaksanaan Pilkada dan Pemilu kepada pemerintah secara berjenjang yakni kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sulbar," katanya.

Kemudian lanjutnya juga akan bertanggung jawab untuk mengelola dan menyajikan berbagai data terkait Pilkada Sulbar dan Pilkada enam Kabupaten di Sulbar serta Pemilu 2024.

Ia berharap, tim desk Pilkada Sulbar tersebut dapat bekerja dengan baik melaksanakan tugasnya serta dapat memberikan dukungan bagi penyelenggara dan pengawas pemilu menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak dan pemilu 2024 di Sulbar.

"Seluruh tim desk Pilkada diminta bekerjasama dengan baik dan maksimal sehingga pemilu dapat berlansung sukses aman dan damai," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024