Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pemerintah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, berjanji akan fokus terhadap upaya pembenahan infrastruktur wilayah kota untuk mengejar target Piala Adipura 2014.

"Semua kita proyeksikan bisa meraih Adipura pada 2013. Namun setelah melihat kondisi maka harapan itu tidak mungkin dicapai tahun ini," kata Bupati Mamuju, Drs. H. Suhardi Duka di Mamuju, Rabu.

Menurutnya, untuk bisa meraih Adipura tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, namun harus mendapat dukungan masyarakat untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan.

Karena itu, kata dia, Pemkab Mamuju akan fokus membenahi infrastruktur kota agar target bisa meraih Adipura bisa diwujudkan.

Selama ini, kata dia, Pemkab Mamuju telah membangun jalan beton di wilayah perkotaan.

"Tahun ini tidak mungkin bisa meraih Adipura. Makanya, pemerintah akan melakukan perbaikan termasuk sarana pembuangan limbah pada sejumlah rumah sakit di Mamuju," jelasnya.

Ia mengatakan, limbah rumah sakit merupakan racun sehingga harus dilakukan penanganan secara serius.

"Penanganan limbah juga salah satu indikator bisa meraih Adipura. Makanya, tahun depan saya akan terjung langsung membenahi infrastruktur kota," ungkap bupati dua periode ini.

Proyeksi APBD 2014 diutarakannya, masih fokus pada kegiatan pembangunan yang berkaitaan langsung dengan kehidupan masyarakat.

"Pagu APBD Tahun Anggaran 2014 direncanakan mencapai Rp756 miliar dengan rincian kegiatan belanja mencapai Rp722 miliar lebih dan target pendapatan sekitar Rp34 miliar lebih," ungkapnya. Agus Setiawan

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024