Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pejabat dan pegawainya untuk memberikan pelayanan secara prima kepada calon investor.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulbar, Habibi Azis di Mamuju, Jumat, mengatakan, pemerintah Sulbar melalui DPMPTSP Sulbar menggelar bimbingan teknis (Bimtek) service excellent untuk meningkatkan SDM pejabat dan pegawai Sulbar, dalam memberikan pelayanan secara prima kepada calon investor.

Ia mengatakan, pemerintah Sulbar mendorong peningkatan investasi untuk mendorong peningkatan pembangunan daerah, sehingga kompetensi SDM pejabat penyelenggara pelayanan publik, juga harus ditingkatkan.

Menurut dia, penyelenggara pelayanan publik di Sulbar telah berjalan dengan baik, namun masih perlu peningkatan kompetensi SDM, dan training service excellent ini, memotivasi kembali pegawai yang ada di garis depan pelayanan atau Front Office, agar selalu siap dalam melayani sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku.

Menurut dia, service excellent harus dimiliki pejabat di Sulbar sebagai tindakan responsif terhadap kebutuhan masyarakat untuk memberikan pelayanan yang prima sesuai dengan standar yang telah ditetapkan yakni tata kelola pemerintahan yang baik atau Good Governance.

Ia menyampaikan, penanaman modal dan PTSP menjadi juga menjadi isu strategis yang menjadi perhatian pemerintah untuk dikembangkan, dan sangat penting penunjang pelayanan kepada masyarakat dunia usaha ataupun calon investor.

"Petugas pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DPMPTSP Provinsi Sulbar juga sebagai perangkat daerah penyelenggara pelayanan publik, juga terus berbenah dalam segala aspek dengan terus meningkatkan SDM agar memiliki keahlian dan kompetensi karena mempunyai peranan yang penting dalam mensukseskan tugas dan fungsi serta tujuan organisasi pemerintah," katanya.

Ia berharap, dengan memiliki Service Excellent yaitu kualitas SDM pada penyelenggaraan pelayanan publik yang handal dan profesional investasi di Sulbar dapat semakin tumbuh.

"Investasi di Sulbar sangat penting dikembangkan karena Sulbar memiliki sejumlah potensi komoditas yang akan menarik bagi investor seperti di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan pertambangan," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024