Makassar (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo-SP) Sulawesi Selatan menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pengelola Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR).

Kepala Diskominfo-SP Sulsel Andi Winarno Eka Putra menjelaskan SP4N-LAPOR dibentuk untuk merealisasikan kebijakan "no wrong door policy" yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya.

"Sasaran strategis SP4N-LAPOR pada 2024 adalah terwujudnya pengelolaan pengaduan yang mampu memberikan respons dan solusi cepat serta terpercaya dengan target laporan masuk berjumlah 1,8 juta pengaduan, dengan tingkat penyelesaian 90 persen," ujarnya di Makassar, Rabu.

Guna mencapai itu, ada tiga level strategi, yakni di level makro berkaitan dengan teknologi informasi, di level meso mencakup kegiatan manajemen perubahan, manajemen pengetahuan, serta pemantauan dan evaluasi, lalu di level mikro akan dilakukan penguatan kapabilitas teknologi informasi, penguatan lembaga dan SDM, serta peningkatan partisipasi publik.

Melalui bimbingan teknis ini, Winarno berharap setiap peserta dapat memahami secara mendalam cara mengelola dan mengoptimalkan SP4N LAPOR, sehingga dapat menjadi instrumen efektif dalam menangani pengaduan masyarakat.

"Selain itu, keberhasilan implementasi SP4N LAPOR ini juga sangat terkait dengan sinergi antara kabupaten/kota, organisasi perangkat daerah, dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan," katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 92 Tahun 2012 tentang pelaksanaan Undang-undang Nomor Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, serta beberapa peraturan pemerintah lainnya yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan ini.

"Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman keterampilan dan kemampuan pengelolaan admin SP4N-LAPOR di kabupaten/kota dan lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Diskominfo-SP Sulawesi Selatan Erlan Trieska.

Kegiatan ini juga sebagai upaya mendorong pengembangan kapasitas individu dan organisasi, termasuk pengembangan kemampuan sumber daya manusia dalam menggunakan teknologi informasi.

Kegiatan yang digelar hingga Kamis (14/12) ini, diikuti para pengelola dan admin SP4N-LAPOR kabupaten/kota dan OPD kabupaten/kota.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024