Makassar (ANTARA) - General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Taochid Purnomo mengatakan sebanyak 600 personel gabungan siaga di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Mereka mulai bertugas pada saat pembukaan posko terpadu pada Senin (18/12) untuk membantu kelancaran dan keamanan perjalanan penumpang dengan transportasi udara," kata Taochid kepada pers di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan petugas gabungan itu menyebar di sejumlah titik strategis di kawasan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin seperti di counter check in, check point dan ruang tunggu sebelum boarding.

Menurut dia, pentingnya peran dan tugas ratusan personel itu mengingat diprediksi terjadi peningkatan jumlah penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Puncak arus penumpang berangkat diprediksi pada 23 Desember 2023 dan arus balik 3 Januari 2024," katanya.

Sedang jumlah penumpang pada masa "peak season" kali ini diprediksi dapat mencapai 33 ribu dengan jumlah pergerakan 260 pesawat.

Karena itu, pihaknya memproyeksikan arus penumpang mudik naik dibandingkan periode sebelumnya tahun lalu yang hanya 32 ribu penumpang dengan pergerakan 255 pesawat.

Sementara arus balik penumpang yang puncaknya diprediksi 3 Januari 2024 diprediksi sampai 29.424 ribu dengan pergerakan 242 pesawat, naik dari tahun sebelumnya yang hanya 29.189 dengan pergerakan 238 pesawat.

Sementara untuk mendukung kelancaran proses check in, Tauchid mengimbuhkan, sekitar 40 counter check disiapkan menghadapi lonjakan penumpang. Termasuk mengoperasikan 12 kios "self check in" di sekitar wilayah bandara.

Check in sendiri ini untuk mempermudah calon penumpang yang tak memiliki bagasi sehingga dapat langsung ke ruang tunggu dan melakukan boarding.

Khusus untuk kemudahan membawa barang, pihak bandara telah menyiapkan 1.500 troli dan sebanyak 100 troli diantaranya sudah dilakukan perbaikan.
  General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Taochid Purnomo di Makassar, Kamis (14/12/2023). Antara/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024