Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggencarkan program toilet bersih untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Sulbar.

Kepala Biro Umum Provinsi Sulbar, Ansar Malle di Mamuju, Jumat, mengatakan pemerintah Sulbar mulai menggencarkan program toilet bersih dengan membersihkan toilet pada sejumlah fasilitas umum.

Ia mengatakan, program toilet bersih dilaksanakan dengan mengerahkan pegawai pemerintah Sulbar dalam membersihkan sejumlah toilet sekolah, pasar maupun tempat pelelangan ikan di Kota Mamuju.

"Program toilet bersih bertujuan agar toilet di kota Mamuju berfungsi dengan baik, terkelola dan tetap bersih, dan tetap dapat terpelihara dengan baik," katanya.

Menurut dia, program toilet bersih ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat, agar memiliki budaya menjaga toilet agar tetap bersih.

"Seluruh fasilitas publik lainnya seperti puskesmas, bandara, terminal dan lainnya diharapkan dapat dibersihkan dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat memiliki toilet yang bersih yang diharapkan menjadi budaya," katanya.

Ia menyampaikan, program toilet bersih sangat bermanfaat karena selain meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Sulbar juga menciptakan situasi lingkungan bersih dan nyaman.

Penjabat Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fhakrulloh, menyampaikan sejumlah toilet di wilayah di Kota Mamuju butuh dibenahi dan dilakukan pembersihan, setelah dirinya melakukan peninjauan.

"Toilet umum di Kota Mamuju tidak bersih, sehingga pemerintah membangun program budaya toilet bersih pada sejumlah pusat pelayanan publik pemerintah Sulbar maupun pada seluruh kantor pemerintahan organisasi perangkat daerah (OPD).

Ia berharap, program tersebut terus dilaksanakan pada enam kabupaten di Sulbar pada 2024 mendatang, sehingga akan tercipta rasa nyaman, sehat dan bersih di seluruh wilayah Sulbar.*

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024