Makassar (ANTARA) - Jajaran Kodim di bawah Kodam XIV/Hasanuddin melakukan aksi tanam 100 pohon buah untuk mendukung program pelestarian lingkungan dan penghijauan.

"Menindak lanjuti perintah dari Komando atas, maka jajaran Kodim bersama warga, Polri, pemerintah, dan tokoh masyarakat setempat, melaksanakan kegiatan tanam pohon mangga dan sukun," kata Dandim 1423/Soppeng Letkol Inf Sigit Suhendro Hadi Kusmawan di Soppeng, Minggu.

Pada aksi tanam pohon tersebut juga hadir antara lain Camat Ganra Muhammad Luthfi, Kepala Desa Lompulle Andi Amri, Babinkamtibmas Brigpol Aksan, para kepala dusun se-Desa Lompulle. Kegiatan itu melibatkan 40 anggota, kemudian Polri dan pemda masing-masing 30 orang, serta masyarakat sekitar 50 orang.

Letkol Sigit mengatakan kegiatan penanaman pohon buah tersebut merupakan salah satu agenda kegiatan karya bakti guna mengantisipasi bencana banjir saat musim hujan serta mengantisipasi munculnya wabah penyakit.

”Penghijauan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara nyata dan berkelanjutan untuk menangani krisis lingkungan, untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan, agar dapat berfungsi dengan baik,” ucapnya.

Dia juga berharap masyarakat lebih peduli lagi untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan dengan menanam berbagai jenis pohon, karena manfaatnya sangat luar biasa juga sebagai penyanggah ekonomi masyarakat dan bagi generasi berikutnya.

“Karena itu dengan adanya kegiatan aksi peduli penanaman pohon dari Kodim dan masyarakat hari ini, kami berharap hutan kita bisa hijau kembali dan mencegah tanah longsor dan kekeringan wilayah, khususnya di Kabupaten Soppeng,” ujarnya.

Masyarakat umum juga diminta berpartisipasi baik untuk aksi menanam maupun pengadaan bibit dengan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah masing-masing.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024