Mamuju (ANTARA) - Komandan Kodim (Dandim) 1402/Polewali Mandar (Polman) di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Letkol Czi Sabar Panjaitan memerintahkan personelnya untuk menanam pohon guna mencegah terjadinya banjir di musim penghujan.

"Anggota TNI dari Kodim 1402/Polman telah diperintahkan menanam pohon untuk mencegah banjir ketika musim hujan tiba," kata Letkol Czi Sabar Panjaitan di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan penanaman pohon juga merupakan program penghijauan pada lahan yang mengalami kebakaran saat musim kemarau agar kembali hijau dan dapat mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor.

Pihaknya bekerja sama dengan pemerintah desa maupun penyuluh pemerintah untuk mendukung program penanaman pohon tersebut.

Namun, ia menekankan bahwa personel TNI yang melakukan penanaman pohon agar mengutamakan pohon yang bisa memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat.

Menurut dia, pohon yang paling cocok ditanam di Polman adalah pohon alpokat, durian, dan juga kelapa, karena cocok dengan iklim di wilayah setempat.

"Pohon durian yang paling cocok ditanam di Polman, yang dapat menghasilkan nilai ekonomis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, personil TNI juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat agar melakukan penghijauan yang sangat bermanfaat bagi lingkungan mencegah banjir dan longsor dan untuk generasi yang akan datang.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024