Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menumbuhkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui acara car free day (CFD) yang dilaksanakan setiap pekan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulbar, Muhammad Idris Dp di Mamuju, Sabtu, mengatakan pemerintah Sulbar bekerja sama dengan sejumlah lembaga vertikal pemerintah, dalam upaya menumbuhkan UMKM di Sulbar.

Ia mengatakan lembaga vertikal itu antara lain, Kanwil Kemenag Sulbar, Kemenkumham Sulbar, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulbar, BPS, BNN, BPKP Sulbar, dan kepala Unit Penyelenggara Bandara Tampa Padang Mamuju.

Menurut dia, pemerintah di Sulbar akan memanfaatkan CFD, yang diramaikan pejabat pemerintah Sulbar dan lembaga vertikal pemerintah hingga ribuan orang pemerintah Sulbar, untuk memberikan kesempatan berjualan bagi pelaku UMKM di lokasi CFD yang berada di sekitar jalan arteri pantai Mamuju.

"Pemerintah Sulbar dan lembaga vertikal bekerjasama untuk menyiapkan sekitar 1.000 voucher yang dapat ditukar untuk membeli makanan dan minuman usaha pelaku UMKM, katanya.

Ia mengatakan voucher tersebut seharga 15.000 yang akan dapat digunakan peserta CFD berbelanja membeli aneka macam makanan dan minuman pelaku UMKM.

Ia berharap, dengan program tersebut, usaha UMKM di Sulbar dapat terus meningkat dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Sulbar untuk dapat berkembang.

"Pelaku UMKM di Kota Mamuju, sangat menginginkan CFD menjadi kesempatan mereka berusaha agar usahanya tidak lesu, dan pemerintah berupaya membantu mereka," katanya.

Ia menyampaikan pemerintah Sulbar membantu pertumbuhan UMKM karena telah berkontribusi bagi ekonomi Sulbar yang tumbuh sebesar tujuh persen pada 2023.*

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024