Mamuju (ANTARA) - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berjanji akan memenuhi permintaan warga untuk membangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH).

Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulbar, Amir di Mamuju, Selasa mengatakan Pemerintah Sulbar berjanji akan berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat yang berharap dibangunkan PLTM di Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju.

Ia mengatakan, pada tahun ini Kementerian ESDM sudah merencanakan akan membangun PLTMH di Desa Sandapang Kecamatan Kalumpang untuk membantu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

Menurut dia, kesempatan tersebut akan dimanfaatkan Dinas ESDM Sulbar, untuk senantiasa berkomunikasi dengan Kementerian ESDM, sehingga rencana pembangunan PLTMH dapat mulus dilakukan di Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju.

"Pemerintah Sulbar akan berupaya melengkapi dokumen yang diperlukan, agar PLTMH yang dibutuhkan warga dapat dibangun secepatnya," katanya.

Ia berharap, pembangunan PLTMH ini dapat terlaksana dengan baik, yang akan dapat berdampak kepada masyarakat, karena selain menyerap tenaga kerja dalam pembangunannya juga akan menumbuhkan ekonomi masyarakat ketika PLTMH tersebut dibangun.

Tokoh masyarakat Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju, Kalvin Kalambo telah menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Sulbar yang telah bersiap DNA berupaya untuk membantu agar PLTMH di Kecamatan Kalumpang dapat dibangun tahun ini.

"PLTMH sangat dibutuhkan masyarakat karena dengan adanya listrik maka akan bermanfaat bagi pembangunan ekonomi masyarakat serta akan menyerap tenaga kerja dalam pembangunannya," katanya.

Ia menyampaikan, masyarakat di Kecamatan Kalumpang butuh PLTMH dibangun secepatnya, karena listrik dari PLN sangat sulit dibangun, mengingat wilayah Kalumpang tidak didukung sarana jalan yang layak.

Selain itu kata dia, masyarakat di Kecamatan Kalumpang yang berada di pegunungan Kabupaten Mamuju yang berprofesi petani, akan kesulitan membayar tagihan listrik PLN, sehingga mereka lebih membutuhkan dibangunkan PLTMH.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024