Makassar (ANTARA) - Bupati Luwu, Sulsel, Basmin Mattayang, secara resmi menerima bantuan teknis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Jakarta.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Luwu, Ikhsan Asaad, yang turut mendampingi Bupati saat dikonfirmasi, Kamis, menjelaskan bantuan yang diterima langsung oleh Bupati Luwu merupakan bantuan teknis terkait RDTR Kecamatan Latimojong.

"Bantuan ini berupa penyusunan dokumen melalui anggaran belanja tambahan bagian anggaran bendahara umum negara," kata Iksan

Sebagai langkah selanjutnya dari penyelesaian kegiatan tersebut, Pemerintah Kabupaten/Kota diharapkan segera menindaklanjuti proses penetapan RDTR menjadi Peraturan Kepala Daerah (Perkada).

"Ini sudah selesai dikerjakan oleh konsultan dari tim Kementerian ATR/BPN, selanjutnya akan dibahas oleh lintas sektor kemudian menunggu persetujuan subtansi dari Kementerian dan selanjutnya pembahasan Ranperkada," tutur Iksan.

Selain Kabupaten Luwu, ada empat kabupaten lainnya dari Provinsi Sulawesi Selatan yang menerima bantuan teknis RDTR, yakni Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Maros, Kabupaten Takalar dan Kabupaten Wajo.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menyerahkan Materi Teknis di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Penyerahan Materi Teknis RDTR ini merupakan hasil dari kegiatan Bantuan Teknis Penyusunan RDTR Anggaran Belanja Tambahan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (ABT BA BUN) Tahun 2023 yang telah diselesaikan oleh Kementerian ATR/BPN melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024