Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar H Ramdhan Pomanto mengimbau warganya untuk memperhatikan saluran air untuk mengantisipasi terjadinya banjir pada saat cuaca ekstrem.

Prakiraan cuaca yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Kota Makassar, hujan mulai merata di sebagian besar wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kita harus antisipasi terjadinya genangan air, karena itu warga harus betul-betul memperhatikan saluran air di sekitar rumahnya, " kata Wali Kota Makassar H Ramdhan Pomanto di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan hujan yang mengguyur sepanjang hari itu harus membuat warga memperhatikan saluran air agar tidak tersumbat atau terhalang oleh sampah yang dapat menimbulkan terjadinya genangan air.

Karena itu pihaknya telah meminta dinas terkait untuk senantiasa memantau saluran primer maupun sekunder untuk mengantisipasi terjadinya luapan air akibat hujan yang cukup deras.

Kendati masih dalam kategori hujan ringan menurut Badan Meteorologi. Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, kata dia, tetapi harus diwaspadai lebih dini agar pada saat terjadi hujan dengan intensitas lebih tinggi tidak terjadi genangan karena saluran air lancar hingga ke laut.

Sementara itu salah seorang warga di Perumahan Antang, Makassar, Musdalifah mengatakan setiap akhir pekan warga kompleks senantiasa membersihkan got bersama pihak RT dan RW setempat.

"Namun usaha ini harus dibarengi oleh warga perumahan lainnya, agar saluran air dari daerah ini ke daerah lainnya tidak terhambat," katanya.

Selain itu, perlu dukungan petugas kebersihan untuk mengangkut sampah-sampah yang sudah ditekan di pinggir jalan dari hasil pengerukan sampah dan sedimentasi perumahan.

Pasalnya, jika itu tidak segera terangkut sampahnya, maka pada saat hujan sampah dan sedimen tersebut akan kembali masuk ke got atau saluran air.*


Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024