Makassar (ANTARA) - Kodim Wajo melalui Koramil 1406-10/Pitimpanua melakukan penanaman mangrove guna mencegah abrasi pantai di Pantai Bangsalae, Kelurahan Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu.

Karya bakti ini dipimpin oleh Danramil Kodim 1406/Wajo Serma Abd Karim untuk mengurangi abrasi pantai yang disebabkan oleh naiknya air laut, sekaligus melestarikan ekosistem pantai.

"Proses pelestarian tidak hanya sebatas penanaman awal. Semuanya harus dirawat dan dipelihara agar tidak mati setelah ditanam," ujar Serma Abd Karim.

Menurutnya, perawatan pohon-pohon tersebut juga sama penting dengan penanaman agar hasilnya bisa  maksimal. "Setelah ditanam, perlu dilakukan perawatan yang baik untuk memastikan kelangsungan hidup pohon-pohon mangrove," ucapnya. 

Penanaman pohon mangrove, kata dia, diharapkan dapat menjadi langkah nyata dalam menjaga keberlanjutan ekosistem pantai serta melibatkan aktif partisipasi dari berbagai unsur masyarakat.

"Upaya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mengatasi masalah abrasi pantai di wilayah tersebut," ujarnya.

Sebelumnya Kodim 1406/Wajo melalui Koramil 1406-03/Maniangpajo melakukan karya bhakti berupa penanaman pohon di Dusun Salodua, Desa Mattirowalie, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo, guna menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah potensi bencana banjir.

Kegiatan tersebut melibatkan masyarakat setempat yang diharapkan dapat tercipta sinergi yang baik antara aparat militer, pemerintah desa, dan masyarakat, dalam menjaga lingkungan sekitar.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024