Makassar (ANTARA) - Bupati Barru, Sulawesi Selatan Suardi Saleh, menyambut baik program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) BRI peduli stunting karena dapat berkontribusi dalam penurunan angka stunting di wilayah itu.

Suardi Saleh dalam keterangannya diterima di Makassar, Rabu, berharap dengan adanya bantuan Corporote Social responsibility (CSR)  BRI, ditambah dengan upaya lainnya bersama seluruh pihak berkepentingan, bisa mengurangi lagi angka stunting di Kabupaten Barru.

"Alhamdulillah, angka stunting yang dulunya 26,4 persen, berkat bantuan telur ibu ketua tim penggerak PKK Almarhumah Hasnah Syam selama dua bulan, angka stunting turun drastis menjadi 14,1 persen. Dan target pemerintah tahun ini maksimal 14 persen. Dengan kerja -kerja kita semua hal tersebut bisa kita capai", ujar Suardi Saleh.

Bupati Barru berharap bantuan telur ini bisa tepat sasaran dan betul-betul memastikan setiap hari telur itu sampai di mulut anak-anak.

Dalam kesempatan itu, Suardi Saleh menekankan bahwa stunting ini statis, sehingga seluruh puskesmas harus memastikan semua anak stunting dan ibu hamil ini hadir di posyandu dan yang tidak hadir harus dikunjungi.

"Saya berharap bantuan ini betul-betul tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para ibu-ibu penerima bantuan", ujarnya.

Kemudian terkait dengan angka kemiskinan ekstrem, Bupati Barru mengurai bahwa saat ini turun mencapai 0,30 persen dan menjadi Kabupaten dengan Kemiskinan ekstrem terendah di Sulawesi Selatan dan ditargetkan menjadi nol persen pada tahun 2024 ini.

"Percepatan penurunan kemiskinan dan penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Barru memerlukan keterpaduan dari berbagai Pihak yang terkait," jelasnya.

Sementara itu, Pimpinan Cabang (Pincab) BRI Barru David Richardo Gultom, menjelaskan kegiatan BRI Peduli ini adalah merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Menurut Gultom, BRI Peduli di Kabupaten Barru fokus kepada kegiatan yang telah dirintis oleh ibu ketua TP PKK Barru yaitu percepatan penurunan stunting. Program ini kata dia harus terus dilakukan.

"Program BRI Peduli Cegah Stunting Itu Penting di Kabupaten Barru ini dilaksanakan dengan kegiatan pemberian bantuan Antropometri Kit untuk Puskesmas Pekkae dan Madello dan bantuan 100 paket makanan tambahan untuk anak-anak penderita stunting untuk kedua UPTD tersebut selama tiga bulan berturut turut," katanya.

"Harapan kami, BRI cabang Barru dapat berkontribusi meningkatkan penurunan angka stunting di Kabupaten Barru. Semoga kegiatan ini menjadi berkah bagi kita semua," lanjutnya.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024