Makassar (ANTARA) - Sekjen Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar meminta Pramuka Sulawesi Selatan untuk ikut menyukseskan program ketahanan pangan yang digalakkan pemerintah provinsi setempat.

"Semua anggota Gerakan Pramuka ini harus terlibat menyukseskan program yang sudah dicanangkan oleh Pak Gubernur Sulsel," katanya saat menghadiri Musyawarah Daerah IX Gerakan Pramuka Provinsi Sulsel, di Makassar, Sabtu.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Pelantikan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Pramuka Provinsi Sulsel, di Makassar.

Bachtiar berharap, Gerakan Pramuka turut menyukseskan program budidaya pisang cavendish, sukun, nangka madu, dan nanas, yang diinisiasi Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin, di seluruh daerah di Sulsel.

Ia menyatakan, salah satu tugas Gerakan Pramuka adalah menopang program pemerintah di bidang pangan.

"Memang di Pramuka itu ada program Pramuka Berwirausaha, salah satunya bagaimana menopang program pemerintah di bidang pangan. Ini mulai dari tingkat nasional maupun tingkat provinsi dan kabupaten kota," kata Bachtiar.

Mayjen TNI (Purn) Bachtiar mengakui program hortikultura yang digagas Penjabat Gubernur Provinsi Sulsel Bahtiar Baharuddin sangat bagus dan layak didukung.

Pramuka juga sudah membentuk Himpunan Tani Indonesia, bahkan telah melakukan teken MoU dengan Kementerian Pertanian.

Baginya, membangun pangan itu harus secara sinergi. Artinya berkolaborasi membangun kerja sama dengan seluruh pihak terkait.

"Saya kira tepat sekali Gerakan Pramuka ini diajak kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulsel, bagaimana pangan Indonesia agar lebih kuat," urainya.

Sebagai bentuk dukungan Pramuka terhadap program ketahanan pangan Pemprov Sulsel, Pramuka akan terlibat langsung dalam penanaman sukun dan cabai. Karena itu, dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menyerahkan bantuan bibit sukun dan cabai kepada Pramuka Sulsel.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024