Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersama seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulsel, ketua OSIS se-Sulsel dan Kepala UPT Disdik Pemprov Sulsel kompak mendeklarasikan pemilu damai tahun 2024.

"Deklarasi pemilu damai ini adalah yang pertama kali di Indonesia. Karena saat ini ada anak-anak didik kita, dan sangat penting bagi adik-adik kita untuk hadir pada deklarasi pemilu damai ini," ujar Penjabat Gubernur Provinsi Sulsel Bahtiar Baharuddin di Makassar, Senin.

Deklarasi pemilu damai tersebut diinisiasi langsung Kapolda Sulsel dan seluruh Forkopimda Provinsi Sulsel.

Bahtiar berharap, seluruh ketua OSIS se-Sulsel ini dari SMA, SMK dan SLB ini bisa menjadi pelopor pemilu damai 2024 ini. Salah satunya dengan sama-sama mencegah hoaks dan informasi yang tidak benar.

"Dalam menghadapi pemilu, kita fokus dan pastikan tidak ada hoaks serta tidak ada penyebaran informasi yang tidak benar. Kita semua sama-sama sukseskan pemilu damai di Sulsel," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen. Pol. Andi Rian Ryacudu Djajadi menilai kegiatan ini sangat luas biasa, dimana bisa melibatkan anak-anak peserta didik untuk sama-sama melakukan deklarasi damai untuk sama-sama sepakat mensukseskan pemilu yang aman dan damai.

"Anak-anak ku sekalian adalah pemilih pemula yang akan memberikan hak pilihnya pada pemilu nantinya. Saya berharap semua betul-betul memberikan hak pilihnya dan bisa memilih pemimpin yang sangat baik untuk bangsa kita," ajak Andi Rian dalam sambutannya.

Dia memastikan di Sulsel tidak ada daerah kerawanan Pemilu khusus 2024 ini. Namun diharapkan agar dengan hadirnya anak-anak peserta didik memberikan hak pilih dan mendukung partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 ini.

"Kita berharap pada saat pemilu nantinya akan meningkat partisipasi pemilu terutama pemilih pemula di Sulsel. Pada tahun 2019 sebanyak 83 persen partisipasi pemilih, dan diharapkan tahun ini naik partisipasi pemilih di Sulsel," urainya.
 

Siswa putih abu-abu se-Sulsel deklarasikan pemilu damai

 

Demikian isi deklarasi pemilu damai tahun 2024 pelajar SMA SMK, SLB se-Sulsel

Kami siswa dan siswa putih Abu-Abu SMA SMK SLB se Sulawesi Selatan mengatakan

1. Ikut bersama sama mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, bahasa, jujur dan adil

2. Ikut bersama mewujudkan pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, politisasi sara dan politik uang.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024