Makassar (ANTARA) - Sejumlah kabupaten di Sulawesi Selatan menggalakkan kerja bakti menjelang penilaian Adipura oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), salah satunya ialah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Menghadapi penilaian Adipura, kita menggalakkan kerja bakti di sejumlah titik dalam dan luar Kota Benteng," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Selayar Taufiq Kadir dalam keterangannya yang diterima di Makassar, Selasa.

Dia menjelaskan, masyarakat Kelurahan Benteng bersama TNI/Polri melakukan kerja bakti, mulai dari pemangkasan pohon hingga pembersihan saluran drainase di sekitar lingkungan Bua-bua, Selayar.

Hal yang sama dilakukan oleh jajaran aparatur Pemkab Selayar, yang melakukan kerja bakti di sekitar lingkungan kantor masing-masing.

Taufiq mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan menghadapi penilaian Adipura yang dijadwalkan akan berlangsung pada Jumat hingga Minggu (2 - 4 Februari 2024) di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Karena itu, melalui kesempatan itu dia mengajak dan mengharapkan seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung penilaian Adipura dengan secara aktif menjaga kebersihan di sekitar lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Menurutnya, Adipura merupakan bagian dari upaya untuk mendorong masyarakat agar menjalani dan menerapkan pola hidup bersih, bukan semata-mata untuk mengejar penghargaan, dan hal itu harus terus dilakukan secara berkesinambungan.

"Kami berharap dengan diadakannya giat kerja bakti ini, piala Adipura dapat kembali kita pertahankan atau meningkat dari tahun sebelumnya," katanya.

Pada tahun 2023 lalu, Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Selayar berhasil meraih penghargaan Adipura dari KLHK dengan kategori Kota Kecil.

Selain di Kabupaten Kepulauan Selayar, Pemerintah Kota Makassar juga telah lebih dulu melakukan kegiatan serupa dua hari lalu, dengan mengerahkan seluruh pegawai di semua instansi pemerintahan, mulai dari kantor dinas, kantor kecamatan hingga kantor kelurahan.

“Kerja Bakti Serentak Bersih Drainase” ini dalam rangka menindaklanjuti arahan wali kota Makassar terkait persiapan penilaian Adipura Kota Makassar tahun 2023 serta sebagai langkah antisipasi bencana.

Terdapat 43 titik lokasi pembersihan yang diikuti seluruh SKPD, camat, dan lurah, RT/RW hingga komunitas peduli lingkungan.

“Ini merupakan sinergi menjaga kebersihan dan kenyamanan kota dengan melibatkan semua elemen. Tentu kita harapkan kegiatan seperti ini terus berlanjut,” kata Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Makassar Ismawaty Nur.

Selain itu, ada pula Pemerintah Kabupaten Wajo yang melakukan kerja bakti bersih-bersih irigasi menjelang penilaian Adipura beberapa waktu lalu.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024