Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrulloh, memantau kesiapan pendistribusian logistik pemilu di sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju.

"Hari ini saya berkoordinasi dengan KPU provinsi dan kabupaten untuk melihat progres pelaksanaan Pemilu 2024," kata Zudan Arif Fakrulloh, saat mengunjungi sekretariat KPU Mamuju, Kamis.

Pada kunjungan tersebut, Penjabat Gubernur juga didampingi Kepala BIN Daerah Sulbar, Komisioner KPU Sulbar dan para pejabat lingkup pemerintah setempat.

Penjabat Gubernur menyampaikan, logistik pemilu yang ada di Kantor KPU Mamuju sudah lengkap dan siap didistribusikan ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di daerah itu.

"Pemungutan suara tinggal beberapa hari lagi dan progres yang dilakukan KPU semuanya 'on progres on the track'. Mulai kotak suara, surat suara, hingga tinta sudah dikemas dan semuanya siap didistribusikan ke TPS," kata Zudan Arif Fakrulloh.

Termasuk, lanjut Zudan Arif Fakrulloh, kesiapan sumber daya manusia (SDM) KPU seperti PPK, PPS dan KPPS, semuanya sudah terpenuhi.

"Tinggal pendistribusian logistik ke TPS, sementara dipersiapkan. Jadi mohon doanya semua masyarakat Sulbar, termasuk penyelenggara, 14 hari ke depan ini dipersiapkan betul-betul dan dibantu pengamanannya. Insha Allah berjalan dengan baik," ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Sementara, Ketua KPU Mamuju Indo Upe menyampaikan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan pendistribusian logistik ke seluruh TPS.

"Saat ini dalam proses pengecekan dan pengepakan. Jadi mudahan-mudah Pemilu 2024 ini berjalan lancar, aman dan damai," kata Indo Upe.

Selain itu, seluruh unsur penyelenggara di berbagai tingkatan, lanjut Indo Upe, juga sudah siap menjalankan tugas masing-masing.

"Pendistribusian dimulai pada 9 Februari 2024 di daerah terpencil dan terjauh, yakni di Kepulauan Bala-balakang, kemudian dilanjutkan ke Kecamatan Kalumpang, Kecamatan Bonehau, seterusnya ke kecamatan terdekat yang ada di wilayah Kabupaten Mamuju," ujar Indo Upe.

Pada Pemilu 2024, KPU Mamuju menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 189.167 orang.

Sementara, surat suara yang akan digunakan pada pelaksanaan pemilihan calon presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi Sulbar dan DPRD Kabupaten Mamuju sebanyak 967.580 lembar.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024