Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) menggelar "Inspection Day" dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

General Manager PLN UID Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin di Makassar, Jumat, menjelaskan PLN berkomitmen mengutamakan implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam setiap proses bisnisnya.

"Komitmen tersebut membuktikan bahwa PLN peduli dengan nyawa setiap manusia yang bekerja di wilayah kerja PLN maupun seluruh manusia yang berada di sekitar aset milik PLN," ujar Andy.

Pada kegiatan tersebut PLN menyiagakan pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dan Pelayanan Teknik (Yantek) serta menggelar peralatan untuk memastikan aspek K3 petugas PLN.

Andy menambahkan momen Bulan K3 Nasional dianggap sebagai pengingat aspek K3 pada tiap tahunnya.

"Listrik yang kita hadirkan jelas penting dan menjadi kebutuhan bagi pelanggan. Oleh karena itu, terapkan K3 dengan disiplin dalam bertugas, agar esok hari dan selanjutnya kita dapat terus melanjutkan peran mulia ini," ujar Andy.

Selain di Sulsel, giat serupa juga digelar di seluruh Indonesia sebagai perwujudan komitmen seluruh insan PLN dalam mengutamakan keselamatan pada setiap proses pekerjaan.

Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto melalui keterangan diterima di Makassar, Jumat, mengemukakan PLN terus meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam sistem ketenagalistrikan. Melalui penerapan visi Zero Harm, Zero Loss, PLN mampu menekan angka kecelakaan kerja sekaligus menjaga layanan kelistrikan tetap andal dan aman.

"Keselamatan bukan hanya menjadi tanggung jawab K3, melainkan harus menjadi tanggung jawab kita semua. Setiap pegawai, dari pekerja lapangan, pekerja operasional hingga pimpinan tertinggi memiliki peran besar dalam menjaga keselamatan kerja," ujar Adi dalam acara Inspection Day Bulan K3 yang dipusatkan di Surabaya.

Adi mengimbau untuk meningkatkan kesadaran terkait budaya K3 di seluruh unit PLN, kegiatan ini juga sebagai wadah mengajak pegawai dan mitra kerja untuk melaksanakan pekerjaan dengan kualitas terbaik dan kembali pulang dengan "One Piece" artinya lengkap, sehat dan selamat demi keluarga di rumah sehingga harapan mencapai Zero Accident dapat terwujud dengan nyata.*

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024