Makassar (ANTARA) - PT Pelindo (Persero) melalui sub holding Jasa Maritim menanamkan kesadaran keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan menyelenggarakan aneka lomba dalam rangka memperingati bulan K3 Nasional 2024.

"Peringatan K3 ini berlangsung sejak pertengahan Januari hingga awal Februari 2024 sesuai Keputusan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia tentang Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional," kata Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar di Makassar, Jumat.

Selain itu, lanjut dia, juga sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2024.

Lomba ini melibatkan entitas sub holding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) pusat dan wilayah serta anak perusahaan.

Tubagus Patrick mengatakan, saat ini SPJM mempersiapkan sejumlah kegiatan untuk turut menyukseskan peringatan Bulan K3 Nasional  2024.

"Tema peringatan Bulan K3 tahun ini adalah Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha," jelasnya.

Dia menyebutkan, kegiatan yang dilombakan di Peringatan Bulan K3 Nasional tahun ini adalah kegiatan bersifat strategis, promosi, dan bersifat implementasi.

Tubagus mengurai jenis lomba atau kegiatan tersebut antara lain, menggelar forum keselamatan untuk internal maupun eksternal berupa  panduan (walkthrough) manajemen, pembuatan video kampanye keselamatan, desain poster K3, hingga pembuatan komik K3 Nasional.

Adapun kegiatan lingkup internal SPJM adalah kegiatan yang bersentuhan langsung dengan internal perusahaan, seperti lomba kebersihan untuk ruangan-ruangan kerja, antar kapal pandu dan tunda serta workshop, lomba yel-yel K3, lomba video kampanye keselamatan, sosialisasi K3 dan upacara bulan K3.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024