Makassar (ANTARA) - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa Abdul Karim Dania meninjau langsung pendistribusian bantuan pangan beras untuk memastikan bantuan tersebut sampai ke masyarakat.

"Hari ini saya bersama Pak Sekda turun langsung melihat pendistribusian bantuan. Ini tiada lain untuk memastikan, apakah bantuan itu betul-betul sampai ke masyarakat atau tidak," katanya di sela-sela peninjauan di Kantor Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Sulawesi Selatan, Selasa.

Orang nomor satu di Gowa itu menyebut situasi saat ini menunjukkan adanya perubahan cuaca yang cukup ekstrem, sehingga mengakibatkan hasil panen masyarakat tidak maksimal.

"Bantuan ini akan ada sampai enam bulan ke depan sebagai bantuan pangan bagi masyarakat kita. Semoga dengan bantuan ini bermanfaat, khususnya bagi saudara kita yang membutuhkan," harapnya.

Salah satu warga Kelurahan Katangka, Sakinah Daeng Caya, mengaku bantuan ini sangat bermanfaat bagi dia dan keluarga, terlebih pekerjaan suaminya hanya seorang tukang bemtor (becak motor) yang penghasilannya tidak menentu.

"Alhamdulillah pasti sangat bersyukur dan bermanfaat bagi keluarga kami. Terima kasih kepada pemerintah atas bantuan ini," katanya.

Hal yang sama diungkapkan Sariana Daeng Kanang. Ia yang sejak tahun lalu mendapatkan bantuan ini juga sangat terbantu.

"Terbantu sekali dan Alhamdulillah sejak adanya bantuan ini tahun lalu, saya dapat terus," tambahnya.

Tahun ini di Kabupaten Gowa jumlah penerima bantuan pangan sebanyak 61.145 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total beras 611.450 kilogram/bulan yang dibagikan untuk 18 kecamatan terdiri dari 167 desa/kelurahan.

Sementara khusus di Kelurahan Katangka ada sebanyak 823 Penerima Bantuan Pangan (PBP) yang mendapatkan bantuan ini, setiap PBP akan mendapatkan 10 kg beras hingga enam bulan ke depan. Mereka harus membawa fotokopi KK dan KTP untuk memvalidasi data penerima.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024