Mamuju (ANTARA) - Polres Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat(Sulbar) mengerahkan 445 personel untuk melakukan pengamanan di 1.362 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh kecamatan di daerah itu.

"Sebanyak 445 personel kami kerahkan untuk pengamanan 1.362 TPS," kata Kapolres Polewali Mandar Ajun Komisaris Besar Polisi Anjar Purwoko, pada apel kesiapan personel dan sarana prasarana Pemilu Serentak 2024, Kamis.

Ke-445 personel pengamanan TPS tersebut, kata Anjar Purwoko, sebanyak 333 diantaranya merupakan personel Polres Polewali Mandar, sisanya yakni 112 merupakan personel BKO (bawah kendali operasi) Polda Sulbar.

Kapolres menyampaikan, dari 1.362 TPS yang tersebar di seluruh kecamatan, terdapat 1.227 TPS masuk kategori aman, sebanyak 132 TPS kategori rawan dan tiga TPS dengan kategori sangat rawan.

"Kategori rawan dikarenakan jarak tempuh yang jauh ditambah akses sarana komunikasi yang sulit terjangkau sedangkan sangat rawan karena mobilisasi pemilih di tempat tersebut," terang Anjar Purwoko.

Kapolres menyampaikan bahwa apel kesiapan personel dan sarana prasarana Pemilu Serentak 2024 itu bertujuan, melihat kesiapan para personel yang nantinya akan melaksanakan pengamanan TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Polewali Mandar.

"Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana kelengkapan perorangan lainnya yang dibutuhkan personel untuk pengamanan TPS," kata Anjar Purwoko.

Kapolres meminta seluruh personel yang melaksanakan pengamanan Pemilu 2024, untuk melaksanakan tugas pengamanan TPS dengan baik dan tidak terlibat politik praktis serta segala bentuk pelanggaran dalam pelaksanaan tugas.

"Saya meminta, selama pelaksanaan tugas pengamanan di TPS, seluruh personel agar selalu menjaga keamanan logistik pemilu yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya," tegas Anjar Purwoko.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres juga menyerahkan secara simbolis tas dan ransum untuk personel yang terlibat pengamanan TPS.

"Untuk pergeseran personel ke TPS akan dilaksanakan mulai 11 Februari 2024," ujar Anjar Purwoko.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024