Makassar (ANTARA) - Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) saat ini tidak lagi dipandang sebagai pelengkap dari kegiatan operasional pelabuhan, melainkan sudah bertransformasi menjadi sebuah kebutuhan.

"Pekerja yang aman, selamat, dan sehat dalam bekerja secara langsung akan meningkatkan produktivitas perusahaan,” kata Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis di Makassar, Senin.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 menggelar apel dan seminar kesehatan dalam memperingati Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) tahun 2024 ini.

"Mengiplementasikan K3 pada tahun ini, PT Pelabuhan Indonesia Persero Regional 4 menggelar apel bulan K3 dan seminar kesehatan," kata Enriany Muis.

Dia menjelaskan, kegiatan Bulan K3 dilaksanakan sebagai salah satu kampanye Manajemen Pelindo kepada seluruh insan Pelindo untuk meningkatkan kepedulian aspek keselamatan dan kesehatan dalam bekerja.

Sebuah Perusahaan dikatakan maju tidak bisa dipandang hanya dari sisi besarnya laba yang diperoleh setiap tahun. Namun angka kecelakaan kerja juga menjadi salah satu poin yang diperhatikan dalam hal ini.

Dia juga mengatakan, bekerja secara aman dan selamat dapat menekan biaya yang tidak perlu dikeluarkan oleh perusahaan apabila terjadi kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja yang menimpa pekerja.

Terlebih beban yang harus ditanggung oleh keluarga pekerja yang mengalaminya. “Seperti yang kita ketahui bahwa rata-rata minimal dua orang yang berada di belakang pekerja, yang mana menjadi tanggungan setiap pekerja.

Dalam momentum Bulan K3 tahun ini, Enriany mengimbau kepada seluruh insan Pelindo, khususnya Pelindo Group area Makassar, untuk terus meningkatkan produktivitas dengan tetap memperhatikan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam beraktivitas.
  Suasana peringatan Bulan K3 di Pelindo Regional 4 yang dipimpin Head Regional Pelindo 4 Inriany Muis di Makassar, Senin (12/2/2024). ANTARA/HO-Pelindo Reg 4.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024