Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin bersama PT Indonesia Comnets Plus atau PLN Icon Plus sepakat bekerja sama di bidang penyerapan peserta program KKN serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam mewujudkan konsep smart campus.

Kerja sama ini diwujudkan melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc dan Senior Manager SBU Regional Sulawesi dan IBT Rizky Ardiana Bayuwerty di ruang Rektor Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Selasa.

Dalam kesempatan itu Rektor Unhas menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang akan dilakukan. Menurut dia, kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen universitas untuk terus mengembangkan infrastruktur dan teknologi yang mendukung transformasi Unhas menuju kampus dengan konsep smart campus.

Prof JJ, sapaan akrab rektor, mengatakan Indonesia Comnets Plus sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terkemuka akan sangat berperan sebagai mitra strategis dalam pembangunan smart kampus Unhas.

Tidak hanya itu, melalui kolaborasi ini akan memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mendukung pengembangan keilmuan mereka melalui proses magang ataupun mahasiswa KKN.

“Implementasi kerja sama ini harus segera dilaksanakan, Unhas secara berkelanjutan terus melakukan penguatan infrastruktur dan digitalisasi. Untuk itu, harapan kita bersama kerja sama ini akan memberikan dampak positif terhadap berbagai upaya penguatan yang terus dilakukan Unhas,” jelas Prof JJ.

Pada kesempatan yang sama, Rizky Ardiana menyampaikan ucapan terima kasih atas keterbukaan Unhas untuk terjalinnya kerja sama.

Dalam kesempatan tersebut ia juga memberikan penjelasan singkat mengenai PT Indonesia Comnets Plus yang merupakan anak usaha PLN yang bergerak di bidang teknologi dan komunikasi.

“Kami berharap kerja sama ini akan berjalan dengan baik, kami dapat memberikan kontribusi maksimal dalam berbagai upaya penguatan yang dilakukan Unhas terkhusus dalam hal digitalisasi melalui tersedianya infrastruktur yang mengedepankan teknologi informasi yang canggih,” jelasnya.

Secara umum, PT Indonesia Comnets Plus atau lebih dikenal sebagai PLN Icon Plus fokus pada pelayanan kebutuhan PT PLN terhadap jaringan telekomunikasi. Pada tahun 2000, PLN Icon Plus memulai kegiatan komersialnya dengan Network Operation Center yang berlokasi di Gandul, Cinere, sekaligus sebagai entitas anak PT PLN.

Seiring dengan kebutuhan industri akan jaringan telekomunikasi dengan tingkat ketersediaan dan keandalan yang konsisten, PLN Icon Plus mengembangkan usaha dengan menyalurkan kelebihan kapasitas jaringan telekomunikasi ketenagalistrikan serat optik milik PT PLN.

PLN Icon Plus menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan dan lembaga, terutama yang kegiatan operasionalnya memerlukan jaringan telekomunikasi yang luas.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024