Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) menyiagakan lebih dari dua ribu personel di area tersebut guna menjaga pemanggilan listrik saat Pemilu 2024.

General Manager PLN UID Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, menyatakan selama masa siaga Pemilu 11 - 18 Februari 2024 menyiagakan 2.755 personel yang tersebar di 136 posko siaga PLN.

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan pasokan listrik yang andal agar pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar tanpa adanya gangguan listrik. Selain itu untuk kenyamanan pengguna mobil listrik kami juga menyiapkan 20 SPKLU di 12 lokasi,” ujar Andy.

Selain itu menyiapkan 141 unit genset, 86 Unit Gardu Bergerak (UGB), dan 28 Uninteruptible Power Supply (UPS), guna memastikan ketersediaan pasokan listrik di 50 Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 169 Kantor Pemda, TNI/Polri, dan dinas terkait dalam wilayah kerja PLN UID Sulselrabar.

“Kami juga telah menyiapkan skenario dan standar operasional prosedur sebagai back up pasokan listrik,” ujar Andy.



Di sisi pasokan, kata dia, pembangkit di Sistem Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) memiliki Daya Mampu Pasok (DMP) sebesar 2.054,6 Mega Watt (MW), Beban Puncak (BP) adalah 1.650 MW, dengan cadangan daya sebesar 404,6 MW.

“Kami juga mengimbau jika ada potensi gangguan, seperti pohon yang mulai mendekati jaringan, masyarakat dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile,” kata Andy.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) Hasbullah turut mengapresiasi komitmen PLN UID Sulselrabar dalam mendukung pesta demokrasi tersebut.

“Terima kasih atas dukungan PLN yang telah menyiagakan personel di posko siaga dalam menjaga kelancaran pasokan listrik untuk pemilu, mulai dari Kantor KPU Provinsi Sulawesi Selatan hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Hasbullah.

Menjelang perhelatan Pemilu 2024, PLN telah jauh hari melakukan persiapan untuk memastikan pasokan listrik aman.

“Kami optimis dengan kesiapan dan komitmen PLN mengawal Pemilu serentak 2024 akan membantu terselenggaranya pemilu di semua tingkatan,” ujarnya.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PLN siagakan 2.755 personel dan 20 SPKLU di Sulselbar dukung Pemilu

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024