Makassar (ANTARA) - Penjabat Bupati Jeneponto Junaedi Bakri mengharapkan agar semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat mendorong dan mengoptimalkan sistem satu data di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

"Data yang terpadu dapat menjadi guide atau kompas, kemana perencanaan pembangunan diarahkan," kata Junaedi ketika membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Memaknai Peran Data dalam Perencanaan Pembangunan Daerah" di Baruga Kalakbirang-Rujab Bupati, Selasa (20/2).

Isu sentral yang dibahas pada kegiatan tersebut mengenai evaluasi penyusunan data Kabupaten Jeneponto dalam angka tahun 2024, bertujuan untuk memahami bagaimana cara kerja sebuah data dalam perannya terhadap perencanaan pembangunan suatu daerah.

Pj Bupati menyampaikan pentingnya penyusunan data dalam angka kabupaten secara lebih awal, karena data tersebut merupakan dasar untuk penetapan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), data tersebut direncanakan akan dirilis pada bulan Maret 2024.

Junaedi menekankan bahwa data dalam angka kabupaten ini menjadi kekuatan sebuah daerah, dimana peran data saat ini merupakan new oil atau sumberdaya yang memiliki dampak besar bagi perencanaan pembangunan.
  Penjabat Bupati Jeneponto Junaedi Bakri (empat kiri) foto bersama para instansi yang meraih penghargaan pengumpul data tercepat dan terlengkap tahun 2024 di Baruga Kalakbirang-Rujab Bupati, Selasa (20/2/2024). ANTARA/HO-Humas Diskominfo Jeneponto
“Expous data tentang potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) sebuah daerah, dapat menjadi acuan bagi para investor (pemilik modal) untuk terlibat secara aktif melakukan kerja-kerja pembangunan”.jelasnya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati juga menyampaikan apresiasinya kepada Badan Pusat Statistik dan seluruh peserta.

Acara selanjutnya ditutup dengan pemberian piagam penghargaan kepada sejumlah instansi dengan predikat pengumpul data tercepat dan terlengkap tahun 2024.

Instansi yang memperoleh piagam penghargaan yaitu Sekretariat DPRD Kabupaten Jeneponto, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perikanan, dan Dinas Kominfo sebagai Wali Data.(*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024