Makassar (ANTARA) - Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) perpanjang kerja sama dengan Medical Faculty Shimane University Izumo Japan, yang fokus dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) antara dua lembaga.

Rektor UMI Prof Dr Sufirman Rahman, SH, dalam keterangannya diterima di Makassar, Jumat, mengatakan pihaknya dan Shimane University telah melaksanakan penandatanganan MoU dan MOA di tempat yang sama pada 2019.

Ia menjelaskan hasil evaluasi lima tahun kerja sama kedua pihak telah memberi manfaat, termasuk di antaranya program student exchange, studi lanjut dosen (S3), visiting lecturer, KKN mahasiswa FK UMI dan sebagainya.

"Kerja sama ini tentu berimplikasi langsung pada pengembangan SDM kedua lembaga,"ujarnya usai penandatangan kerja sama di Shimane Universty Hospital, Jepang, Kamis,(22/2).

Rektor UMI dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat dan kekeluargaan dari Dekan Medical Faculty Shimane University Prof Shunji Ishihara, MD PhD bersama jajaran.

"Terima kasih atas sambutan hangat Pimpinan Medical Faculty Shimane University. Alhamdulillah FK UMI dan Medical Faculty Shimane University telah menjalin kerjasama dengan baik," katanya.

Ketua Pengurus YW UMI Prof Dr Masrurah Mokhtar MA yang turut hadir dalam rombongan berharap kerja sama yang terjalin memberi manfaat kedua lembaga.

Sementara itu, Dekan Medical Faculty Shimane University Prof Shunji Ishihara, MD, PhD, mengucapkan terima kasih dan selamat datang di Shimane University Hospital.

“Kami sangat senang atas kehadiran pimpinan UMI, tentunya hari ini kita membahas perpanjangan program yang telah terjalin selama lima tahun. Kami berharap kerja sama lebih dikembangkan termasuk jumlah dosen yang mengikuti studi lanjut program S3 lebih ditambah jumlahnya dan juga student exchange, serta visiting lecturer, ujarnya

“Implementasi program kedua lembaga telah berjalan dengan baik, selain itu diharapkan ke depan program mahasiswa KKN FK UMI di Shimane dapat dilanjutkan. Termasuk program vising lecturer dalam tahun ini dapat diagendakan, ujar Prof Shunji.

Prof. Shunji pada kesempatan tersebut juga menyampaikan Dosen UMI yang mengikuti program S3, memiliki potensi yang bagus, komunikatif dengan pimpinan, dosen dan staf, dan banyak membantu dalam aktivitas di Shimane University.

Sehari sebelumnya, 21 Pebruari 2024, Rektor UMI dan Pimpinan saat tiba di Izumo Japan, diundang jamuan makan malam sebagai bentuk penghormatan atas kehadiran pimpinan UMI di Jepang bersama Dosen UMI yang mengikuti program S3.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024