Makassar (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan mengimbau masyarakat Sulsel memanfaatkan bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah untuk berbagi berkah dengan sesama.

Bahtiar dalam imbauannya di Makassar, Senin, mengatakan ini merupakan cara Pemprov Sulsel membangkitkan dan menghidupkan karakter dan kepribadian dasar masyarakat Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja yang sejatinya ringan tangan suka membantu sesama dan suka menolong orang orang sekitar yang kurang mampu.

"Saudara-saudaraku warga Sulawesi Selatan baik yang berdomisili di rantau maupun di Sulsel, momentum bulan suci Ramadan 2024 inilah saatnya kita kembali memperlihatkan kepedulian kita kepada sesama yang dibalut dalam berbagi bahagia," ujarnya.

Pj Gubernur Sulsel merasa sangat yakin banyak sekali warga Sulsel yang memiliki kemampuan ekonomi lebih baik, termasuk di tanah rantau dan di Sulsel yang memiliki kemampuan ekonomi yang lebih baik untuk berbagi bahagia kepada warga masyarakat di sekitarnya.

Bantuan sekecil apapun bentuknya seperti sembako, makanan, buah buahan dan lain-lain sesuai kemampuan dan keikhlasannya, semoga mendapatkan pahala yang besar.

Untuk gerakan berbagi, kata dia, caranya sangat sederhana, yakni dilaksanakan sendiri oleh tiap warga yang secara sadar dan sukarela memberikan atau membagi kebahagiaannya kepada tetangga atau saudara yang tak jauh dari domisilinya, tetangga rumah atau tetangga lorong.

Dirinya kembali menegaskan, imbauan ini merupakan gerakan membangkitkan dan menghidupkan sifat-sifat, karakter, dan kepribadian dasar masyarakat Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja yang suka menolong.

Dirinya yakin jika ini bisa dilakukan secara masif di seluruh pelosok Sulsel baik di kota-kota maupun pelosok kampung maka mestinya di Sulsel tak ada lagi stunting dan mestinya tak ada lagi disebut miskin ekstrem.

"Malu rasanya kita sebagai orang Sulsel yg terkenal 'malabo', baik hati tapi di lingkungan kita masih banyak orang susah," katanya.

Oleh karena itu Bahtiar meminta melalui masjid- masjid dan seluruh forum forum warga, organisasi sosial dan instansi pemerintahan serta swasta agar bersama sama dalam satu bulan penuh selama Ramadhan canangkan gerakan "Sulawesi Selatan Ramadhan 1445 Hijriah Berbagi Bahagia".

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024