Makassar (ANTARA) -
PT PLN (Persero) dan Icon Plus membantu penyalaan listrik serentak kepada 219 keluarga di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) melalui program Light Up The Dream bertepatan momentum Ramadhan 1445 Hijriah.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin mencatat pada momen Ramadhan 1445 Hijriah di wilayah kerjanya, insan PLN sudah membantu melistriki 219 keluarga secara gratis.

"Listrik tidak hanya sebagai penerang tetapi juga berperan bagi peningkatan ekonomi. Dengan adanya listrik anak-anak dapat belajar lebih baik karena listrik merupakan kebutuhan pokok," Andy saat melakukan penyalaan listrik simbolis di Kabupaten Gowa, Kamis.

Dia menjelaskan, Ramadhan merupakan momentum untuk insan PLN memberikan manfaat bagi masyarakat.
 
Salah satu upaya PLN adalah berbagi kebahagiaan dengan mewujudkan mimpi keluarga pra sejahtera di seluruh Indonesia dalam merasakan energi berkeadilan melalui Light Up The Dream.

"Tujuan kami bersama adalah menumbuhkan semangat berbagi antara sesama untuk meningkatkan taraf hidup saudara kita yg belum mampu, oleh karena itu kita dapat saling bahu - membahu untuk mewujudkan akses listrik bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Senior Manager Icon Plus SBU Sulawesi dan IBT menjelaskan Light up The Dream bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dalam mewujudkan harapan untuk mendapatkan listrik.

"Insya Allah, kegiatan ini akan terus berlanjut dan berkembang. Harapan kami, program ini tidak hanya menghadirkan kebahagiaan serta kehidupan yang lebih baik untuk para keluarga penerima manfaat, tetapi juga menginspirasi lebih banyak pihak untuk berkontribusi dalam mewujudkan akses energi yang merata bagi seluruh masyarakat Indonesia," ujar Rizky.

Melalui program kepedulian pegawai PLN, keluarga kurang mampu bisa menikmati penyambungan listrik secara gratis.

Program Light Up The Dream sendiri merupakan bantuan yang berasal dari donasi pegawai PLN dengan tujuan meringankan beban masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan listrik.

Rudiyanto, salah seorang penerima bantuan pemasangan listrik gratis program Light Up The Dream di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mengaku bahagia dengan adanya bantuan pemasangan baru listrik dari PLN.

Bagi petani tersebut, akses listrik di momen Ramadhan 1445 H menjadi impian yang diwujudkan menjadi kenyataan.

"Terima kasih kepada pegawai PLN atas bantuan listrik gratisnya, sebelumnya saya menyalur dari tetangga untuk mendapatkan listrik dan membayar cukup mahal per bulannya. Sekarang dengan adanya kWh meter sendiri saya bisa membeli token mulai dari Rp5 ribu. Semoga listrik ini bermanfaat bagi kehidupan keluarga kami,” ujar Rudiyanto.

Apresiasi terhadap Program Light Up The Dream PLN ini juga datang dari Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Firdaus.
 
Ia mengapresiasi niat tulus pegawai PLN atas bantuan kepada masyarakat Kabupaten Gowa.

"Kami bersyukur atas bantuan PLN di Kabupaten Gowa, semoga masyarakat dapat merasakan manfaat positif dengan hadirnya listrik dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya," ujar Firdaus.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024