Makassar (ANTARA) - BPJS Kesehatan Cabang Makassar tetap membuka layanan terbatas selama libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah dan cuti bersama 8-15 April 2024 sebagai komitmen yang mengacu pada prinsip portabilitas guna memudahkan pelayanan akses kesehatan.

"Selama libur lebaran ini kami telah siapkan layanan administrasi, sehingga pelayanan terhadap peserta JKN yang membutuhkan layanan kesehatan tetap terpenuhi," ujar Kepala Cabang BPJS Makassar Muhammad Aras saat konferensi pers di kantornya, Jalan Andi Pangeran Petttarani Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Sedangkan untuk prinsip portabilitas tersebut, kata dia, diwujudkan demi memberikan jaminan pelayanan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di wilayah Indonesia.

Bagi peserta JKN yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Puskesmas atau klinik terdaftar bisa mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain di tempat tujuan mudik.

"Jadi, setiap peserta bisa dilayani saat pulang kampung di FKTP. Misalnya, mudik ke Jakarta, tiba-tiba ingin mendapatkan layanan kesehatan di sana bisa mengakses FKPT di tempat tujuannya maksimal tiga kali dalam satu bulan," ujar Aras.

Kemudian bagi peserta yang tidak mudik dan faskesnya tertutup saat lebaran serta memerlukan layanan kesehatan, bisa mendapatkan layanan di faskes lain di FKPT terdekat. Apabila bersifat kedaruratan dapat langsung ke rumah sakit terdekat.

BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan piket di kantor cabang serta pelayanan administrasi melalui kontak WhatsApp (Pandawa) beroperasi dari pukul 08.00 Wita-12.00 Wita mencakup administrasi, pemberian informasi, dan penanganan pengaduan. Selain itu, layanan administrasi dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN.

"Kami bersama Dinas Kesehatan Kota Makassar telah berkolaborasi di masa cuti lebaran ini tetap ada puskesmas-puskesmas yang buka serta posko-posko yang memberikan pelayanan kesehatan," tuturnya menekankan.

Mengenai dengan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Makassar akan menyiapkan posko mudik dari 5-9 April 2024 di Pelabuhan Makassar eks Sukarno Hatta untuk memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi pemudik.

Posko tersebut menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan.

Aras mengingatkan bagi peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri agar rutin melakukan pembayaran iuran setiap bulannya agar status kepesertaan tetap aktif, apalagi ini di masa mudik lebaran. BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama 960 kanal pembayaran.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Makassar Ahmad Asyarie menambahkan, untuk layanan Puskesmas tetap dibuka selama libur lebaran hanya saja tidak maksimal mulai pukul 08.00 Wita-11.00 Wita, tetapi layanan home care 24 jam.
 
Mudik lebaran ini Dinkes Makassar juga akan membuka posko kesehatan di beberapa titik strategis.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024